Kenali 4 Tanda Anak Terlalu Banyak Makan

Bisa jadi anak-anak akan lebih susah makan, jika sudah asyik beraktivitas sesuai dengan hobinya. Namun tak sedikit pula anak yang terlalu banyak makan.

Asupan makanan anak perlu dijaga keseimbangannya bila berlebih bisa saja menimbulkan penyakit seperti pada artikel disini. Dilansir oleh parenting, berikut adalah 4 tanda paling umum yang bisa diamati apabila Anda terlalu banyak memberikan makan pada sang anak :

1. Tidak Lapar Saat Waktu Makan Tiba

Karena tidak mau menyantap makanan yang telah disediakan, tak sedikit orang tua mengira bahwa buah hatinya adalah seorang picky eater. Menurut David Ludwig, M.D., direktur New Balance Foundation Obesity Prevention Center di Children’s Hospital Boston yang juga seorang profesor di Harvard Medical School, sebenarnya yang menjadi penyebabnya adalah anak terlalu banyak makan camilan ketimbang makanan besar.

2. Isi Piring Anda & Anak Sama Banyaknya

Sama seperti baju Anda yang akan tampak kedodoran ketika dikenakan oleh anak, porsi makan orang dewasa juga bukanlah hal yang tepat baginya. Kemungkinan besar, anak hanya membutuhkan makanan kira-kira seperempat hingga setengah porsi makan orang dewasa.

3. Memainkan Makanan di Atas Piring

Saat jam makan, pernahkah Anda mendapati anak bermain dengan alat makannya? Atau membuat ‘gunung berapi’ dari tumpukan nasi yang ada di atas piring—alih-alih menyantap makanannya dengan bersemangat? Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebabnya adalah anak sudah merasa kenyang sehingga kehilangan selera untuk menghabiskan isi piringnya.

4. Pakaiannya Sempit

Panjang lengan pakaian dan pipa celana anak masih terlihat oke, tetapi bagian dada, pinggang, dan lengannya terlihat sesak? Menurut Bonnie Taub-Dix, R.D., pakar nutrisi sekaligus juru bicara American Dietetic Association, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa berat badan anak melambung hingga melebihi batas normal untuk anak-anak seusianya.

Jika hal ini terjadi, maka anak terancam mengalami obesitas yang bisa memengaruhi kesehatan tubuhnya secara keseluruhan. Untuk mengetahui posisi pertumbuhannya secara persis, petakanlah tinggi dan berat badan anak pada grafik pertumbuhan yang ada di dalam buku imunisasi miliknya.

Jika sudah berada di atas garis normal, maka ada baiknya jika Anda mulai menyeleksi jenis makanan. Lalu Anda juga harus menakar porsi makan baginya, serta mulai mengajak anak untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Semoga bermanfaat!

Asupan Vitamin C Untuk Anak Terlalu Banyak Makan

Selain dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak, Vitamin C juga dapat membantu menurunkan berat badan anak yang berlebihan. Vitamin C juga bisa bantu jaga berat badan ideal?

Orang-orang dengan kandungan Vitamin C yang mencukupi pada tubuhnya akan dapat membakar lemak 30 persen lebih banyak saat berolahraga. Hal ini ditulis oleh Johnston, C.S, dalam Journal of the American College of Nutrition.

Selain itu, Vitamin C juga punya kemampuan mengontrol kadar gula dalam darah sehingga menjaga tubuh tetap langsing. Pilihlah Vitamin C Ester C, seperti Holisticare Ester C Kids. Sebab lebih aman di lambung anak.

Kandungan xylitol pada Holisticare Ester C Kids juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi anak. Sebab xylitol adalah pemanis yang berasal dari bahan alami.

  • Update terakhir: 15 Juli 2019
  • Update selanjutnya: 13 Juli 2020
Related Articles