Beragam Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan
Holisticare Logo
manfaat vitamin b complex
Back to Article

Diet & Nutrisi

Beragam Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan

Vitamin B Complex adalah sekumpulan jenis vitamin B yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. 8 jenis vitamin ini biasanya ditemui di suplementasi karena memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat Vitamin B Complex untuk kesehatan? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Fit, suplementasi dengan kandungan utama Vitamin B Complex yang membantu pengolahan energi dalam tubuh. Holisticare Fit juga mengandung Ester-C, jenis vitamin C dengan pH mendekati normal sehingga bisa dikonsumsi oleh orang dengan gejala penyakit asam lambung. 

Vitamin B complex adalah vitamin larut air

Vitamin larut air (water soluble) adalah jenis vitamin yang dapat diproses bersama air dan penyerapannya lebih mudah. Namun, vitamin ini hanya bertahan sebentar dalam tubuh sehingga harus tetap dipenuhi setiap hari. Kekurangan vitamin b complex dapat memicu berbagai gejala penyakit termasuk kerusakan saraf dan otak, masalah kardiovaskular, hingga kanker perut.

Manfaat Vitamin B Complex

Vitamin B complex sangat krusial untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari sistem saraf, metabolisme, hingga kesehatan mental. Berikut manfaat vitamin B complex yang tidak boleh kamu remehkan. 

Meningkatkan energi

Vitamin B complex akan membantu tubuh untuk mengubah nutrisi makanan menjadi glukosa, yang menjadi sumber energi tubuh. 

Mengurangi stres

Manfaat utama vitamin B complex ialah mengurangi fatigue atau kelelahan ekstrem. Hal ini sejalan dengan perbaikan kesehatan mental. Seperti yang diungkapkan dalam sebuah riset dari Inggris, mereka yang meminum suplementasi vitamin B complex merasakan kondisi mental membaik dan performa kognitif yang meningkat.

Mencegah anemia

Vitamin B complex mendukung produksi sel darah merah sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tercukupinya darah merah bisa menghindari resiko anemia megaloblastik (salah satu jenis anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12). Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah untuk memasok oksigen ke organ tubuh. Kondisi ini bisa memicu gagal jantung. 

Meningkatkan metabolisme

Tubuh dengan metabolisme rendah membakar lebih sedikit kalori sehingga harus berhati-hati agar tidak kelebihan berat badan. Vitamin B complex dapat meningkatkan metabolisme karena bertugas sebagai koenzim, yang dapat membantu memproses lemak, protein, dan karbohidrat. 

Mengurangi gejala GERD

Dalam sebuah penelitian, vitamin B complex dapat mengurangi esofagitis, peradangan pada kerongkongan yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, vitamin B complex juga dapat mengurangi rasa pedih atau heartburn akibat asam lambung. 

Menjaga kesehatan otak

Vitamin B complex juga terkenal sebagai vitamin otak karena vitamin ini sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Seperti B12 yang dapat mengurangi risiko cacat lahir yang memengaruhi otak pada janin.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin B complex ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin larut air ini dapat mencegah degenerasi makula atau penurunan penglihatan (buram) pada orang lanjut usia dan melembabkan mata kering.

 

Ditinjau oleh dr. Putri Wulandari


Related Article


Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.
Testing
Holisticare - Facebook Holisticare - Instagram Holisticare - Twitter Holisticare - Youtube