Fakta Menarik Seputar Manfaat Vitamin C

Fakta Menarik Seputar Manfaat Vitamin C

Apa manfaat vitamin C? Vitamin C adalah jenis vitamin yang betul-betul kita butuhkan. Namun sayangnya, tubuh manusia tidak dapat menghasilkan vitamin C sendiri. Apa sebabnya? Karena tubuh tidak mampu memproduksi L-gulonolactone oxidase, enzim yang dibutuhkan dalam sintesis vitamin C.

Kenapa sih tubuh kita benar-benar membutuhkan vitamin C? Karena vitamin ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika kita kekurangan vitamin C, gusi akan mudah luka, sakit sendi, stres, hingga kulit kering dan kusam. Simak beberapa manfaat vitamin C disini.

Manfaat Vitamin C Bisa Bantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Vitamin C aktifkan sel Natural Killer. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh punya pelindung ekstra dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. Vitamin C ampuh membentuk antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan vitamin C tubuhnya tidak akan mudah terserang penyakit.

Vitamin C juga ampuh membentuk antibodi yang tingkatkan kekebalan tubuh, sehingga seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan vitamin C tubuhnya tidak mudah terserang penyakit.

Jaga Kesehatan Kulit Adalah Salah Satu Manfaat Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting untuk pembentukan kolagen, yaitu protein yang menjaga elastisitas kulit dan memberi kekencangan pada kulit. Jadi, konsumsi vitamin C secara rutin dapat mencegah kulit keriput dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin ini dapat pula lindungi DNA dari reaksi fotokimia (photochemical) yang sebabkan perubahan warna pada kulit dan juga menghambat pembentukan melanin yang sebabkan kulit berwarna gelap.

Antioksidan vitamin C bisa lindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Oleh karena itu, secara tidak langsung vitamin C dapat membantu cegah risiko kanker kulit akibat radiasi sinar matahari yang berlebihan.

Dukung Fungsi Normal Otak

Vitamin C ternyata dibutuhkan oleh sel-sel retina agar dapat berfungsi dengan baik. Sel retina sendiri adalah bagian dari sistem saraf pusat. Vitamin ini juga berfungsi mempertahankan reseptor dan sel-sel otak dari kerusakan dini. Antioksidan dari vitamin C juga penting, karena dapat lindungi otak dari pengaruh radikal bebas.

Manfaat Vitamin C Untuk Sembuhkan Luka

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga dibutuhkan untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak. Vitamin ini mampu tingkatkan pembentukan jaringan parut serta ligamen, yang bantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat Vitamin C Dalam Bantu Dietmu

Kandungan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh untuk membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olahraga. Vitamin C juga punya kemampuan menurunkan kadar gula darah puasa (GDP), sehingga dapat menjaga indeks massa tubuh tetap berada pada batas normal.

Jaga Jantung Juga Termasuk Manfaat Vitamin C

Antioksidan dalam vitamin C dapat menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL), yang merupakan musuh utama bagi jantung dan pembuluh darah. Seseorang yang tidak suka mengonsumsi vitamin C memiliki risiko terkena penyakit jantung 20 persen lebih besar. Pemberian vitamin C dengan dosis tertentu ternyata dapat bantu proses “pembersihan” plak penyebab penyumbatan pembuluh darah.

Ibu Hamil Pun Merasakan Manfaat Vitamin C

Vitamin C pada tubuh ibu hamil akan membantu proses penyerapan zat besi, yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh dan janin. Zat besi juga penting dalam proses produksi sel darah merah.

Vitamin C juga bermanfaat untuk pembentukan otak janin. Vitamin ini juga dapat mencegah gangguan signifikan pada pertumbuhan serta perkembangan otot, tulang, kulit, tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan pada ibu dan janin. Daya tahan tubuh ibu hamil juga akan dibantu oleh vitamin C.