Tips Menjaga Sistem Imun Tubuh

Jika kita jatuh sakit, itu berarti sistem imun, atau sistem daya tahan tubuh, kita sedang lemah dan kalah terhadap serangan penyakit. Padahal tubuh kita memiliki sel-sel imun. Sebenarnya apa sih sistem imun itu? Lalu adakah tips sederhana untuk menjaga sistem daya tahan tubuh kita tetap kuat?

Bagi manusia, sistem imun sangat penting sebab sistem imun tubuhlah yang menjaga tubuh tetap sehat dari serangan ribuan bakteri, virus, parasit pemicu penyakit. Sistem imun sendiri adalah sekelompok sel-sel khusus, protein, jaringan tubuh, dan organ-organ yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh dari organisme dan zat penyerang lainnya.

Sistem imun akan menyerang organisme dan zat asing lain yang masuk ke dalam tubuh dan memicu penyakit. Salah satu sel penting dalam sistem imun kita adalah sel-sel darah putih, yang bertugas mencari dan menghancurkan organisme atau zat asing penyebab penyakit. Oleh karena itu, kita wajib menjaga fungsi sistem imun tubuh agar tetap berjalan optimal.

Cara Simpel Menjaga Sistem Imun Tubuh

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem daya tahan tubuh kita antara lain :

  1. Hindari terbentuknya  radikal bebas berlebih dalam tubuh dengan cara menghindari rokok, alkohol, makanan digoreng, paparan bahan kimia beracun (pestisida, polusi udara).
  2. Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna, yang mengandung antioksidan. Sebab antioksidan berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas pada tubuh.
  3. Berolahraga secara teratur. Olahraga dapat menyebabkan sirkulasi antibodi dalam tubuh berlangsung lebih cepat, sehingga sistem imun dapat lebih cepat mengenali penyakit.
  4. Menjaga berat badan ideal. Sebab obesitas dapat melemahkan sistem imun tubuh dan mengurangi kemampuannya untuk melawan infeksi.
  5. Mencukupkan waktu tidur. Tidur yang cukup dapat meningkatkan respon Sel T. Dalam sistem imun tubuh, Sel T bertugas untuk mencari zat asing atau bibit penyakit, kemudian menghancurkannya.
  6. Melakukan aktivitas untuk menghindari infeksi. Seperti mencuci tangan secara rutin, dan memasak daging hingga matang.
  7. Meminimalisir stres. Karena stres dapat mengakibatkan menurunnya kadar limfosit (sel darah putih) dalam tubuh manusia. Padahal fungsi limfosit adalah melawan infeksi dalam tubuh. Kondisi menurunnya limfosit membuat tubuh rentan terhadap serangan virus, flu atau pilek.

Jenis Sistem Imun Tubuh

Beberapa jenis pembagian sistem imun / sistem kekebalan tubuh antara lain :

  • Natural: Setiap orang sebenarnya memiliki sistem kekebalan tubuh alamiah sejak dilahirkan. Sistem imun bawaan akan melindungi tubuh dengan melawan semua jenis antigen secara non spesifik . Kekebalan alami ini melibatkan sel-sel penghalang agar zat berbahaya tidak sampai masuk ke dalam tubuh, misalnya lapisan kulit dan membran mucus,hingga rangkaian proses lain yang lebih rumit.
  • Adaptif: Sistem kekebalan jenis ini akan terus dikembangkan oleh tubuh seseorang sepanjang hidupnya. Sistem kekebalan adaptif biasanya didapatkan setelah adanya paparan dengan kuman penyakit atau vaksin dengan melibatkan sel limfosit
  • Pasif: Kekebalan pasif adalah kekebalan yang langsung diberikan dalam bentuk imunoglobulin. Contohnya, antibodi yang terkandung pada ASI akan memberikan kekebalan pada bayi. Sistem kekebalan ini membantu tubuh bayi melawan infeksi, di bulan-bulan pertama setelah dilahirkan.

Ketika sistem kekebalan tubuh kita tidak berfungsi normal, maka kondisi ini disebut gangguan sistem kekebalan tubuh (immune system disorder). Beberapa kondisi  yang menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh kita dapat digolongkan sebagai berikut :

  • Terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi ini disebut primary immune deficiency.
  • Menderita penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, kondisi ini disebut acquired immune deficiency.
  • Mengidap kelainan sistem kekebalan sehingga yang menyerang diri sendiri, kondisi ini disebut penyakit autoimun.

Kondisi kesehatan kita juga dapat terganggu jika sistem imun terlalu aktif. Seperti alarm mobil yang terlalu sensitif, sistem daya tahan tubuh akan bereaksi terhadap alergen yang sebetulnya tidak berbahaya. Beberapa contoh kondisi yang disebabkan sistem imun terlalu aktif adalah:

  • Asma. Respon paru-paru akan menyebabkan seseorang batuk, bersin, atau kesulitan bernafas. Dapat dipicu oleh debu, serbuk sari, atau asap rokok.
  • Eksim. Reaksi alergi yang menyebabkan ruam-ruam gatal.
  • Demam, bersin, hidung berair, peradangan pada saluran pernafasan akibat zat alergen seperti debu, bulu hewan, serbuk sari, serbuk jamur.
  • Alergi makanan. Reaksi alergi parah yang diakibatkan oleh makanan.

Doping Untuk Sistem Daya Tahan Tubuh

Pola makan dengan kandungan gizi seimbang sangat penting dilakukan, agar fungsi sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, yaitu:

  • Blueberi, mengandung anthocyanin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Coklat hitam. Kandungan theobromine didalamnya dapat bantu lindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Kunyit, dapat meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh seseorang.
  • Ikan berlemak, kaya akan kandungan lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.
  • Brokoli, adalah salah satu sumber Vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh.
  • Kentang manis, banyak mengandung beta karoten yang membantu menyehatkan kulit dan melindunginya dari sinar ultraviolet.
  • Bayam, kandungannya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Teh hijau. Minum teh jenis ini juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena mengandung flavonoid.
  • Kefir, adalah minuman fermentasi yang mengandung bakteri hidup. Mengkonsumsinya secara reguler bisa meningkatkan aktivitas antioksidan.
  • Biji bunga matahari. Karena mengandung Vitamin E, biji bunga matahari meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  • Almond, juga mengandung Vitamin E yang diperlukan bagi sistem kekebalan tubuh.

Selalu menjaga keseimbangan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan dan sistem daya tahan tubuh. Penuhilah kebutuhan Vitamin C harian tubuh dengan Holisticare Ester C, yang lebih tidak perih di lambung dan lebih cepat diserap tubuh.