Cara Kerja Vitamin C Dalam Tubuh

Suplemen Vitamin C saat ini cukup banyak beredar di pasaran dengan karakteristik dan bentuk yang berbeda. Perbedaan ini seringkali menjadi pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilihnya. Bagaimana perbedaan cara kerja Vitamin C dalam tubuh?

Sebab, tidak semua orang cocok dengan berbagai jenis suplemen Vitamin C yang ada. Mereka perlu menyesuaikan antara karakteristik suplemen Vitamin C dengan kebutuhan tubuh seseorang.

Pilihlah suplemen Vitamin C berjenis Ester C, seperti Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C memiliki tingkat keasaman mendekati netral, sehingga lebih nyaman di lambung. Kandungan Holisticare Ester C juga mudah diserap tubuh.

Salah satu karakteristik penting lain yang perlu Anda sesuaikan adalah bagaimana Vitamin C bekerja. Saat masuk ke dalam tubuh, suplemen Vitamin C memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut ini adalah cara suplemen Vitamin C di dalam tubuh Anda.

Cara Kerja Vitamin C tanpa Time Released

Vitamin C pada dasarnya memiliki sifat larut air. Pada suplemen yang bukan time released, Vitamin C akan langsung diserap ke darah saat proses pencernaan terjadi.

Sel-sel tubuh akan mengambil Vitamin C dari darah, dan sebagian Vitamin C akan tetap terlarut di darah. Jika ada kelebihan sisa, maka vitamin akan langsung dibuang melalui urine.

Umumnya kelebihan Vitamin C disebabkan dosis tinggi yang ditawarkan suplemen tertentu. Padahal sebenarnya, kebutuhan Vitamin C harian hanya sebesar 75 hingga 90 miligram per hari untuk memenuhi angka kecukupan gizi orang dewasa.

Saat sakit, tubuh butuh lebih banyak Vitamin C. Jumlah maksimal Vitamin C yang bisa diterima tubuh adalah 500 miligram, karena penyerapan optimum Vitamin C berkisar 300 – 500 miligram.

Pada vitamin tanpa time released, waktu yang dibutuhkan untuk penyerapan adalah sekitar 3 hingga 6 jam mulai dari mengkonsumsi sampai dengan pengeluaran kelebihan Vitamin C terjadi.

Vitamin C Time Released

Suplemen Vitamin C time released menawarkan pelepasan vitamin secara berkala. Vitamin C terlebih dahulu di mikrokapsulasi sehingga saat dikonsumsi, kandungan Vitamin C akan diserap ke sel-sel tubuh secara berkala lewat aliran darah.

Dengan pelepasan berkala tersebut, pencukupan sel-sel tubuh akan Vitamin C dapat berlangsung 6 sampai 12 jam. Setelah seluruh vitamin C terlepas dalam periode tersebut, kelebihannya akan kembali dibuang melalui urine.

Cara kerja Vitamin C diserap oleh tubuh merupakan faktor yang sangat penting, bagi Anda yang menginginkan efek Vitamin C secara optimal. Sebab meskipun suplemen tertentu memiliki dosis Vitamin C yang tinggi, belum tentu Vitamin C yang terserap tubuh juga tinggi.

Jika Vitamin C tidak terserap dengan baik, maka yang terjadi hanyalah pemborosan. Pilihlah suplemen Vitamin C dengan kandungan Vitamin C yang optimum, dan mengandung threonat.

Kandungan ini termasuk unik, karena metabolit threonat akan membantu mempercepat penyerapan Vitamin C ke sel-sel tubuh. Hal ini membuat Vitamin C yang ada dapat diserap secara maksimal, dan sedikit saja yang menjadi sisa kelebihan.

Dengan dosisnya yang optimum dan penyerapannya yang maksimal Vitamin C dengan kandungan threonat bisa bertahan di dalam tubuh selama 24 jam.

Related Articles