Bagi kebanyakan orang, wanita cantik itu harus memiliki beberapa standar, salah satunya kulit, rambut, serta kuku yang mulus dan sehat. Jutaan wanita yang peduli dengan kecantikan berlomba-lomba memenuhi standar ini. Namun sayangnya, gaya hidup sehat, paparan ultraviolet, dan perubahan iklim seringkali mereka abaikan. Padahal hal tersebut justru bisa menggangu kecantikan mereka.

Berbagai metode bisa dilakukan agar wanita bisa tampil cantik. Dan yang mungkin jarang diingat adalah dengan memanfaatkan vitamin C. Ya, vitamin yang lebih dikenal untuk daya tahan tubuh ini memiliki manfaat yang lebih luas dari yang kamu bayangkan sebelumnya.

Vitamin C untuk kecantikan sebenarnya sudah dimanfaatkan sejak berabad-abad yang lalu. Pada masa pemerintahan Dinasti Tang contohnya, wanita-wanita di jaman itu sudah terbiasa mengoleskan biji tanaman Sea buckthorn ke wajah dan tangannya untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Tanaman tersebut ternyata merupakan salah satu sumber vitamin C.

Sebenarnya, bagaimana peran vitamin C pada kulitmu?

Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Bagi kamu yang memiliki masalah seperti ini, ketahuilah bahwa vitamin C memiliki fungsi dalam pembentukan kolagen dan perbaikan jaringan ikat. Kolagen berperan untuk menggantikan sel-sel kulit mati, mengurangi kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Menurut Michele Green, Cosmetic Dermatologist di New York, vitamin C merupakan antioksidan yang mampu memperlambat laju radikal bebas yang bisa merusak kolagen dan dapat menyamarkan garis-garis halus serta kerutan pada wajah.

Selain mempunyai manfaat sebagai antioksidan, vitamin C juga dikenal sebagai depigmenting agent yang bekerja dengan menghambat kerja enzim tirosinase, sehingga produksi melanin menjadi berkurang.

Mencegah Wajah dari Flek Hitam

Seringnya terpapar sinar matahari ternyata juga bisa memunculkan flek hitam pada wajah. Flek hitam ini dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Hal ini dikarenakan, antioksidan dalam vitamin C bermanfaat untuk mengurangi jumlah sel yang terbakar sinar matahari.

Menyehatkan Rambut

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang efektif membantu menumbuhkan dan memperkuat rambut. Menurut Rianna Loving, pemilik ORGO Beauty, vitamin C berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh, zat besi inilah yang akan menguatkan dan menyehatkan rambut.

Menjaga Kesehatan dan Keindahan Kuku

Untuk menjaga kuku tetap sehat, kuat, dan indah alami tidak sulit, asal dapat merawatnya secara tepat dan teratur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan vitamin C. Vitamin C dapat membantu menjaga kuku tetap sehat dengan memperkuat jaringan ikat, tulang, dan pembuluh darah. Tubuh yang kekurangan vitamin C menyebabkan kuku tampak kusam, kering, dan juga jaringan di sekitar kuku akan membengkak. Rutin mengonsumsi vitamin C merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kuku yang sehat dan indah.

Itulah bagaimana peran vitamin C pada kulitmu. Mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat membantumu meningkatkan kesehatan organ-organ terkait kecantikanmu. Namun perlu diingat, mengonsumsi vitamin C juga perlu kritis. Sebab, tidak semua vitamin C dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Pelajari cara kritis memilih vitamin C di www.kritismemilihvitc.com.