Penyebab Kram Perut dan Cara Meredakannya

Pria ataupun wanita bisa mengalami kram perut. Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara meredakannya? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C. Untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat menghadapi infeksi virus dan bakteri, konsumsilah suplemen Vitamin C setiap hari. Pilihlah suplemen Vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung dan mampu bertahan 24 jam di dalam tubuh.

Penyebab Terjadinya Kram Perut 

Kram perut adalah kondisi dimana otot-otot perut menegang secara mendadak, dan tidak bisa dikontrol. Kondisi ini bisa terasa tidak nyaman, bahkan nyeri. Tapi kebanyakan kasus kram perut tidak berbahaya.

Kram dapat menandakan adanya gangguan kesehatan yang serius jika: sering terjadi, rasa nyeri cukup parah, atau kram berlangsung lebih dari satu hari. Ada beberapa penyebab terjadinya kram perut:

1. Keracunan makanan

Keracunan makanan dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi kuman-kuman penyakit. Kram perut merupakan salah satu gejala terjadinya keracunan makanan.

2. Otot perut menegang

Melatih otot perut berlebihan dapat membuatnya kram. Biasanya kram yang disebabkan menegangnya otot, terjadi pada orang yang melakukan olahraga perut rutin dan berat.

3. Dehidrasi

Ketika tubuh kehilangan elektrolit akibat dehidrasi, maka otot-otot di seluruh tubuh dapat kram. Termasuk kram pada otot perut. Hal ini dapat terjadi karena otot tubuh memerlukan elektrolit untuk bekerja dengan normal.

4. Gas

Berkumpulnya gas di dalam rongga perut seseorang dapat menyebabkan otot-otot usus kram. Karena saat itu otot usus berusaha mengeluarkan gas.

5. Alergi makanan

Kram dapat pula terjadi saat orang mengkonsumsi makanan yang membuatnya alergi. Saat mengkonsumsi makanan alergi, sistem kekebalan tubuh berusaha melawan makanan yang dianggap berbahaya. Jika memiliki alergi terhadap sejenis makanan, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya.

6. Intoleransi makanan

Sistem pencernaan dapat terganggu jika seseorang mengkonsumsi makanan yang sulit untuk diolah tubuhnya. Laktosa, kandungan gula pada produk susu, merupakan zat yang umumnya bisa memicu intoleransi makanan. Jika seseorang yang intoleran laktosa mengkonsumsi susu, maka hal ini bisa memicu terjadinya kram.

7. Menstruasi

Biasa dialami oleh wanita, kram perut juga bisa disebabkan oleh menstruasi. Kram adalah hal normal yang bisa terjadi saat PMS (premenstrual syndrome). Namun rasa nyeri akibat kram menstruasi bisa dirasakan berbeda-beda pada setiap wanita.

Meredakan Dengan Vitamin C?

Menurut dua orang dokter, Janet Zand, N.D. dan Robert Rountree, M.D., Vitamin C merupakan zat anti-inflamasi ringan yang mampu membantu meredakan kram. Selain mengkonsumsi suplemen vitamin C, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakannya, yaitu:

  • Kompres perut. Anda bisa coba hangatkan otot perut dengan mengompres menggunakan kain yang dicelupkan ke air hangat. Sebab panas bisa membantu otot perut untuk mengendur.
  • Teh. Konsumsilah teh chamomile untuk mengontrol kram. Sebab teh dapat mengendurkan otot-otot perut yang kaku menegang. Minum teh hangat juga dapat membantu tubuh mengeluarkan gas dari dalam perut.
  • Memijat. Pijatlah secara perlahan otot-otot perut, untuk membantunya mengendur.
  • Cukupi elektrolit. Jika kram diakibatkan otot kekurangan elektrolit, konsumsilah minuman yang mengandung elektrolit.
  • Pereda rasa nyeri. Konsumsilah obat pereda rasa nyeri jika kram sudah menimbulkan rasa sakit tidak tertahankan.
  • Beristirahat. Kram bisa disebabkan oleh menegangnya otot. Kurangi dulu intensitas olahraga, dan istirahatkan otot perut Anda.
Related Articles