Olahraga Di Rumah

Seringkali kita enggan keluar rumah dengan bermacam-macam alasan. Tapi itu bukan alasan untuk tidak berolahraga. Seperti apa berolahraga di dalam rumah? Berikut beberapa tips olahraga di rumah yang bisa kita terapkan.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, dan Vitamin C dengan 24 hours bioavailability.

Tips Berolahraga Di Rumah

Berada di rumah seringkali kita akan menjadi malas dan kurang gerak. Padahal kurang gerak bisa membuat sistem saraf pusat dan otak memperlambat tempo kerjanya, yang berpengaruh negatif pada sistem daya tahan tubuh kita.

Untuk mengatasinya, kita sebaiknya melakukan olahraga di rumah. Jika Anda baru saja mulai rutin berolahraga, pasang target 30 menit latihan kardio setidaknya 3 kali seminggu, dan 20 hingga 30 menit latihan kekuatan 3 kali seminggu. Pastikan untuk melakukan latihan kekuatan untuk seluruh otot-otot utama tubuh.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk berolahraga di rumah adalah:

1. Tantanglah diri Anda dan hindari kebosanan. Caranya dengan meningkatkan target olahraga setiap harinya.

2. Carilah teman untuk berolahraga bersama di rumah. Anda bisa mengajak orang yang serumah dengan Anda, atau melakukan olahraga di rumah bersama teman Anda lewat aplikasi video call atau online meeting.

3. Jadwalkan olahraga rumah Anda.

4. Gunakan jurnal untuk melihat perkembangan tubuh Anda.

5. Tentukan tujuan olahraga di rumah. Contohnya seperti menargetkan agar berat badan turun 10 kilogram.

6. Jadikan olahraga sebagai kegiatan wajib harian. Samakan olahraga seperti aktivitas makan atau tidur, yang wajib dilakukan setiap hari. 

4 Contoh Gerakan Olahraga

Seperti apa gerakan-gerakan yang bisa kita lakukan untuk olahraga di rumah? Berikut beberapa diantaranya:

1. Gerakan Bridge

Cara melakukannya: Berbaring telentang dengan lutut ditekuk, kaki rata di lantai, dan lengan direntangkan ke samping. Kemudian sambil mendorong kaki dan menguatkan paha, angkat pantat dari lantai sampai pinggul Anda terangkat sepenuhnya serta bertumpu pada punggung bagian atas dan bahu. Lalu kembalilah ke posisi awal dan ulangi.

2. Squat kursi

Cara melakukannya: Berdirilah di depan kursi dengan kaki terbuka selebar bahu, jari-jari kaki sedikit mengarah keluar. Kemudian bertumpulah di pinggul dan tekuk lutut Anda, turunkan tubuh sampai pantat Anda menyentuh kursi. Biarkan lengan Anda terentang di depan Anda. Lalu, doronglah tumit Anda dan kembali ke posisi awal.

3. Push up lutut

Cara melakukannya: Lakukan posisi push up namun bertumpulah pada kedua lutut Anda. 

Pertahankan garis lurus dari kepala hingga lutut, tekuk siku untuk menurunkan tubuh ke lantai. Jaga siku Anda pada sudut 45 derajat. Dorong kembali tubuh Anda keatas untuk mengulang kembali.

4. Tidur miring angkat kaki

Cara melakukannya: Berbaringlah pada sisi kiri tubuh, dengan kaki kiri lurus, kaki kanan lurus, dan kaki kanan bertumpu di lantai. Angkatlah kaki kanan dan pertahankan posisi tubuh Anda. Pastikan pinggul Anda tidak terbuka. Kembali ke posisi awal dan ulangi untuk jumlah pengulangan yang diinginkan. Anda juga bisa melakukan dengan berbaring pada sisi kanan tubuh.

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Di Rumah

Berdiam diri di rumah memang membuat kita terhindar dari resiko tertular virus dan bakteri. Namun jika malas gerak, tubuh kita tetap terancam jatuh sakit akibat melemahnya daya tahan tubuh. Solusinya adalah dengan berolahraga setiap hari, dan penuhi kebutuhan vitamin C untuk jaga daya tahan tubuh. Konsumsilah suplemen vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C, yang lebih tidak perih di lambung.

Related Articles