Nutrisi Untuk Mencegah Diabetes

Perubahan gaya hidup di masa pandemi Covid-19 seringkali membuat tubuh kita kurang aktif. Kita terbiasa melakukan pesan antar makanan dan barang, streaming film, atau meeting online. Ketiganya membuat kita kurang gerak , dan meningkatkan resiko diabetes (mungkin lebih pas : ketiganya cenderung membuat asupan nutrisi kita tidak seimbang dan kurang gerak yang akan meningkatkan resiko diabetes). Nutrisi apa yang bisa mencegah diabetes?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, lebih aman di ginjal, dan bertahan 24 jam di dalam tubuh. Kandungan Holisticare Ester C juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

3 Nutrisi Untuk Mencegah Diabetes

Selain mengubah gaya hidup menjadi lebih aktif, untuk mencegah diabetes kita dianjurkan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Namun sebelum mengubah pola makan, kita harus tahu dulu nutrisi-nutrisi apa yang diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah. Inilah beberapa nutrisi yang dapat membantu tubuh mengontrol kadar gula darah selalu normal.

1. Vitamin C

Selama ini Vitamin C dianggap sebagai nutrisi yang berfungsi untuk bantu jaga daya tahan tubuh kita dari infeksi virus dan penyakit. Namun ternyata Vitamin C bisa membantu tubuh menurunkan kadar gula yang diatas normal. Menurut penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan di Indian Journal of Medicine Research, konsumsi 1000 miligram Vitamin C oleh penderita diabetes tipe 2 dapat membantunya menurunkan kadar gula darahnya.

Bahkan vitamin C bisa menghambat kerusakan dinding pembuluh darah akibat penumpukan glukosa dalam aliran darah. Kerusakan dinding pembuluh darah ini sendiri bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, sampai kebutaan. Fakta tersebut ditemukan pada sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

2. Vitamin D

Jumlah konsumsi vitamin D seseorang, dapat berhubungan dengan besarnya resiko diabetes tipe 2. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, dimana pemberian suplemen Vitamin D dapat menunda resistensi insulin pada orang dewasa. Resistensi insulin adalah kondisi dimana tubuh tidak merespon secara normal hormon insulin yang dikeluarkan, sehingga dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat.

3. Magnesium

Semakin banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa magnesium bermanfaat untuk membantu mencegah diabetes tipe 2. Hasil dari tiga penelitian besar yang menunjukkan bahwa, orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya kandungan magnesium memiliki resiko lebih kecil untuk menderita diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian pada anak-anak juga menunjukkan bahwa, anak obesitas yang tidak cukup mendapatkan asupan magnesium beresiko besar mengalami resistensi insulin. Kondisi ini meningkatkan peluang anak obesitas menjadi penderita diabetes tipe 2 saat dewasa. Magnesium sendiri dapat membantu tubuh mengontrol kadar glukosa darah dengan cara mengatur sekresi insulin dari pankreas.

Agar kadar gula darah tetap normal, terapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan tubuh untuk tiga nutrisi diatas. Jika memang diperlukan, konsumsilah suplemen vitamin untuk membantu penuhi kebutuhan tubuh.

Related Articles