Nonton Film

Sebagai salah satu kegiatan pengisi waktu luang, nonton film jadi sering kita lakukan di masa pandemi ini. Ternyata, menonton film bisa bermanfaat bagi kesehatan mental penontonnya. Seperti apa manfaat positif menonton film bagi mental kita? Simak di artikel ini. 

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, dan Vitamin C dengan 24 hours bioavailability.

Nonton Film Sebagai Terapi Mental?

Marathon drama korea Crash Landing On You, streaming serial. Menonton film merupakan salah satu aktivitas yang populer dilakukan orang untuk mengisi waktu luang. Banyak orang yang menyukai menonton film sebagai aktivitas pelepas lelah karena kemampuan film yang dapat memicu emosi.

Sebuah film dapat membuat kita tertawa, menangis, merasakan penderitaan, atau bahkan menemukan kekuatan untuk menghadapi masalah hidup. Gary Solomon Ph.D., MPH, MSW, pengarang dua buku tentang terapi sinema, mengatakan bahwa cara agar dapat memetik efek positif dari film adalah dengan menonton film yang temanya sesuai dengan masalah atau situasi yang sedang Anda hadapi.

Contohnya jika Anda sedang berjuang melawan ketergantungan obat-obatan, maka Anda dapat menonton film Clean and Sober. Kenapa menonton film bertema sama dengan situasi yang sedang dihadapi dapat membantu kita?

  1. Menonton film dapat mendorong pelepasan emosi, sehingga dapat membantu seseorang untuk mengeluarkan emosi-emosi negatif di dalam diri dan meredakannya (efek katarsis).
  2. Film sedih dapat membuat kita bahagia. Sebab setelah menonton film yang sedih, kita seringkali bisa merasa bersyukur dengan kehidupan dan masalah yang kita miliki.
  3. Menonton film dapat membantu memahami kehidupan sendiri. Cerita-cerita dalam film dapat menawarkan sudut pandang berbeda dari sebuah masalah, dan dapat membantu kita memahami dunia.
  4. Aktivitas menonton film bisa menjadi aktivitas “istirahat” dari masalah yang kita hadapi. Nonton film dapat membuat otak kita punya waktu istirahat sementara yang sangat dibutuhkan, dari memikirkan problem rutin harian.
  5. Film dapat memberi kita perasaan lega. Meskipun pada saat menonton, film dapat membuat kita merasa tegang dulu. Menonton film menegangkan dapat merangsang pelepasan hormon kortisol (hormon stres) di otak. Kemudian diikuti oleh pelepasan hormon dopamin, yang dapat memicu perasaan senang. 

Efektifnya Film Sebagai Terapi Mental

Film terbukti efektif saat dimanfaatkan sebagai terapi mental karena beberapa faktor seperti:

  • Intensitasnya: Cerita, karakter, dan skenario bisa ditampilkan dalam waktu yang singkat di dalam film.
  • Durasinya: Rata-rata durasi film sama dengan satu sesi panjang terapi.
  • Pembelajarannya: Film merupakan kiasan, yang bisa dimanfaatkan penontonnya untuk mendapatkan efek kognitif seperti merumuskan teori tentang pembelajaran, kreativitas,  dan untuk mempromosikan ide-ide.
  • Identifikasi: Banyak dari kita pernah merasa bahwa salah satu karakter dalam sebuah film itu mirip dengan kita.
  • Perhatian: Efek visual dari film dapat meningkatkan konsentrasi penonton pada gambar.
  • Efek sosial: Menonton film, dan kemudian membicarakannya dengan orang lain membuat film dapat berfungsi sebagai alat integratif dalam sebuah terapi psikologi.

Jangan Sampai Kurang Gerak

Menonton film merupakan aktivitas pasif, dimana tubuh kita sedikit sekali melakukan gerakan. Terlalu lama menonton film dapat membuat kita kurang gerak, yang dapat melemahkan daya tahan tubuh. 

Ketika tubuh kita kurang gerak maka sistem saraf dan otak kita otomatis akan terprogram untuk memperlambat kinerja. Kondisi ini membuat tubuh tidak bekerja secara efisien. Dampaknya, banyak sistem tubuh yang menderita akibat lambatnya kerja sistem saraf dan otak. Salah satu sistem yang terkena dampak negatif adalah sistem daya tahan tubuh.

Di masa pandemi, tentu berbahaya jika memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu pastikan untuk tidak duduk diam menonton film terlalu lama, dan jangan sampai tubuh kita kurang gerak. Konsumsilah suplemen vitamin C setiap hari, untuk bantu menjaga daya tahan tubuh kita. Pilihlah suplemen Vitamin C Ester C yang lebih tidak perih di lambung, seperti Holisticare Ester C.

Related Articles