Menu Makan Siang Sehat Dan Mudah

Salah satu perubahan yang banyak dilakukan masyarakat saat pandemi Covid-19 adalah mengurangi kebiasaan makan di luar rumah, termasuk makan siang. Hal ini membuat sebagian dari kita bingung bagaimana mempersiapkan menu makan siang di rumah. Berikut 2 menu makan siang sehat, nikmat, dan mudah.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, lebih aman di ginjal, dan bertahan 24 jam di dalam tubuh. Kandungan Holisticare Ester C juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Menu Makan Siang Untuk Perkuat Sistem Imun

Di tengah pandemi Covid-19, kita diharuskan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Beberapa cara memperkuat daya tahan tubuh yang umumnya kita tahu adalah meningkatkan kualitas tidur, menghindari stres, dan berolahraga secara teratur. Namun sistem imun tubuh bisa pula diperkuat dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Kebiasaan baru, yaitu makan siang di rumah, bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat daya tahan tubuh seluruh anggota keluarga. Caranya dengan membuat menu makan siang yang sehat, namun nikmat dan mudah dibuatnya. Berikut ini dua menu makan siang sehat yang mudah untuk dibuat, dirangkum dari beberapa sumber.

1. Salad kentang tuna

Bahan-bahannya:

  • Kentang yang sudah dikupas: 800 gram
  • Jus lemon: 2 sendok makan
  • Bawang putih dihaluskan: 1 siung
  • Peterseli dicincang: 2 sendok makan
  • Bawang merah dicincang: 1 buah
  • Daging tuna kaleng: 200 gram
  • Tomat ceri dibelah dua: 2 genggam
  • Mentimun dicincang: ¼ buah
  • Lada hitam: sejumput

Begini cara membuatnya:

  1. Masaklah kentang hingga lunak, selama 20 menit dengan air mendidih.
  2. Satukanlah jus lemon, bawang putih, bawang merah, dan peterseli dalam satu wadah.
  3. Angkat kentang yang sudah lunak, kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi jus lemon, bawang putih, bawang merah, dan peterseli tadi.
  4. Tambahkan tuna, tomat, dan mentimun ke dalam wadah yang berisi kentang dan bahan-bahan lainnya. Kemudian aduklah sampai merata.
  5. Taburkan lada hitam diatasnya.

Kandungannya:

  • Kalori: 199
  • Protein: 13,5 gram
  • Karbohidrat: 31,7 gram

2. Ikan panggang saus tomat keju

Bahan-bahannya:

  • Minyak sayur: setengah sendok teh
  • Ikan fillet: 4 potong
  • Saus tomat: 4 sendok makan
  • Tomat: 4 buah
  • Lada hitam: sejumput
  • Keju low fat diparut: 40 gram

Begini cara membuatnya:

  1. Oleskan minyak sayur ke loyang, lalu panaskan loyang diatas kompor.
  2. Letakkan semua ikan fillet ke loyang, lalu oleskan 1 sendok makan saus tomat.
  3. Taburi ikan fillet dengan irisan tomat, lada hitam, dan parutan keju.
  4. Pangganglah ikan fillet hingga matang, selama kurang lebih 8 menit.

Kandungannya:

  • Kalori: 172
  • Protein: 33 gram
  • Karbohidrat: 4 gram

Makanan Yang Memperkuat Sistem Imun

Anda juga bisa menyelipkan makanan yang dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh ini diantara menu makan siang. Bisa sebagai hidangan sendiri, atau sebagai bumbu tambahan.

  • Bawang putih: Mengandung zat allicin, yang dapat meningkatkan sistem imun kita.
  • Kunyit: Bumbu masak ini mengandung zat bernama curcumin, yang dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem imun dan bersifat antivirus.
  • Bayam: Sayuran ini mengandung beberapa jenis antioksidan dan beta karoten. Keduanya dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem imun untuk melawan infeksi.
  • Brokoli: Mengandung vitamin (A, C, dan E), serat, mineral, dan antioksidan, sayuran ini merupakan salah satu makanan paling sehat untuk tubuh kita. Cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan mengukusnya.

Jika kesulitan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda tetap bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi suplemen Vitamin C setiap hari.