Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berbahagia

Begitu banyak buku yang menjual tips untuk merasa bahagia. Memang sepenting apa sih perasaan bahagia? Apa betul perasaan bahagia bisa meningkatkan daya tahan tubuh juga?

Dalam sebuah penelitian tahun 2017, ditemukan bahwa perasaan bahagia memiliki dampak positif terhadap kondisi kesehatan tubuh kita. Artikel ini akan membahas tentang efek perasaan bahagia terhadap daya tahan tubuh kita. Dipersembahkan oleh Holisticare Ester C Effervescent Mango. 

Penuhi kebutuhan Vitamin C tubuh setiap hari dengan mengkonsumsi Holisticare Ester C Effervescent Mango. Sebab Holisticare Ester C Effervescent Mango memiliki rasa berbeda yang anti bosan dan menyenangkan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala hal yang menyusahkan). Kebahagiaan atau happiness adalah istilah dengan arti luas yang menggambarkan emosi positif, kegembiraan, dan kepuasan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Bahagia

Merasa bahagia dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sebuah penelitian tahun 2004 menyatakan bahwa merasa bahagia dapat bantu memperkuat daya tahan tubuh.

Hal tersebut terjadi mungkin disebabkan pengaruh perasaan bahagia terhadap hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) axis, yang berfungsi mengatur sistem daya tahan tubuh, hormon, pencernaan, dan tingkat stres.

Sebuah penelitian yang melibatkan 350 relawan mendapatkan data bahwa setelah disuntik dengan virus flu, relawan yang memiliki emosi positif memiliki resiko berkembangnya flu lebih rendah.

Di sebuah penelitian lain, 81 mahasiswa disuntikkan dua dosis vaksin Hepatitis B. Vaksin ini menyebabkan daya tahan tubuh bereaksi. Para mahasiswa yang merasakan emosi positif lebih banyak memiliki reaksi daya tahan tubuh lebih kuat.

Bahagia Mendorong Gaya Hidup Sehat

Merasa bahagia juga akan membuat kita menerapkan gaya hidup dan kebiasaan yang lebih sehat. Perubahan apa yang bisa dirasakan seseorang jika ia merasa bahagia? Berikut beberapa perubahan gaya hidup dan kebiasaan yang mempengaruhi daya tahan tubuh jika seseorang merasa bahagia:

1. Pola makan menjadi lebih sehat

Hasil sebuah penelitian tahun 2017, yang diikuti oleh sekitar tujuh ribu responden dewasa, menyatakan bahwa orang yang memiliki emosi positif 47 persen lebih tinggi kecenderungannya untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar daripada orang yang memiliki emosi kurang positif.

Padahal pola makan kaya akan buah dan sayuran segar memiliki dampak positif pada kesehatan, termasuk menurunnya resiko diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Buah dan sayur sendiri adalah sumber nutrisi agar daya tahan tubuh tetap berfungsi dengan baik.

2. Lebih aktif bergerak

Dari penelitian yang sama, juga diperoleh data bahwa orang dengan emosi positif 37 persen lebih aktif bergerak daripada orang yang memiliki emosi kurang positif. Orang dengan emosi positif rata-rata melakukan 10 jam aktivitas fisik selama seminggu.

Aktivitas fisik rutin akan bantu tubuh untuk menjaga tulang tetap kuat, meningkatkan energi, menurunkan lemak tubuh dan tekanan darah. Aktivitas fisik rutin tentu saja memperkecil resiko turunnya daya tahan tubuh akibat kurang bergerak.

3. Terhindar dari gangguan tidur

Sebuah penelitian pada 700 orang dewasa, mendapatkan fakta bahwa gangguan tidur, termasuk kesulitan tertidur, dan kesulitan untuk tetap tidur 47 persen lebih tinggi pada orang-orang yang kurang memiliki emosi positif. Sedangkan kebiasaan kurang tidur bisa melemahkan daya tahan tubuh seseorang.

4. Membantu melawan stres

Merasa bahagia dapat membantu kita menurunkan tingkat stres. Biasanya stres berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya kadar hormon kortisol. Ketika seseorang merasa bahagia, kadar hormon kortisol mereka lebih rendah.

Kortisol sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab atas beberapa efek negatif stres seperti gangguan tidur, naiknya berat badan, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Stres juga dapat melemahkan daya tahan tubuh seseorang, sehingga mudah jatuh sakit.

Jadi jangan lupa berbahagia untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa juga konsumsi Holisticare Ester C Effervescent rasa Mango untuk bantu jaga daya tahan tubuh dengan cara yang menyenangkan.