Mengenal Apa Itu Ester C

Vitamin C memiliki jenis-jenis tertentu yang digolongkan berdasarkan bahan baku pembentuknya, kandungannya, hingga tingkat keasamannya. Lalu apa hubungan Vitamin C dengan Ester C?

Setelah mengalami beberapa penyempurnaan oleh para ahli, jenis Vitamin C hingga saat ini terbagi menjadi tiga kategori yakni asam askorbat, kalsium askorbat, dan poli askorbat.

Vitamin C yang paling banyak beredar adalah pada jenis asam askorbat, dengan ciri kandungan asam dan oksalat yang tinggi serta rasa yang tajam. Asam askorbat ini juga telah dikenal sebagai sebutan kimia untuk vitamin C.

Jenis selanjutnya yang juga banyak beredar adalah kalsium askorbat yang pada dasarnya merupakan asam askorbat, namun diikat dengan kalsium. Nah, bagaimana dengan poli askorbat atau Ester C?

Apa Itu Ester C?

Poli askorbat adalah Vitamin C yang unik karena mengandung metabolit yang diperoleh melalui proses yang alami dan bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan Vitamin C ke dalam tubuh agar lebih optimal.

Vitamin C jenis ini telah dipatenkan oleh The Ester C Company, Amerika Serikat. Ester C merupakan Vitamin C dengan beberapa inovasi yang melekat di dalamnya seperti, tidak asam dan rendah kadar oksalat.

Inovasi poli askorbat berangkat dari kebutuhan orang akan Vitamin C yang aman di lambung dan ginjal. Sebab, Vitamin C pada umumnya memiliki sifat asam yang cenderung tidak aman untuk lambung, serta memiliki kadar oksalat tinggi sehingga meningkatkan risiko penumpukan batu ginjal.

Vitamin C jenis ini memiliki karakteristik yang unik karena memiliki kadar asam yang mendekati netral (pH 6,0 – 7,0). Berbeda dengan Vitamin C generasi sebelumnya dimana kandungan asamnya (pH) berada di sekitar 2,5 hingga 3,7.

Lalu Vitamin C jenis ini juga memiliki zat threonat di dalamnya. Zat ini adalah metabolit yang dapat meningkatkan penyerapan Vitamin C oleh tubuh manusia sehingga Vitamin C yang dikonsumsi tidak terbuang percuma bersama urin.

Di Indonesia, Ester C pertama kali dikenalkan pada konsumen pada tahun 1991 oleh PT Indocare Citrapasific. Perusahaan ini menjadi distributor resmi poli askorbat untuk wilayah Asia.

Tidak lama setelahnya, PT Totalcare Nutraceutical yang merupakan anak perusahaan PT Indocare Citrapasific mengenalkan produk Holisticare Ester C. Dari sinilah suplemen Vitamin C jenis ini mulai beredar luas di Indonesia sebagai jenis Vitamin C yang aman di lambung, tidak merusak ginjal, dan cocok untuk ibu hamil.

Kini Vitamin C dengan merek Holisticare Ester C telah dipasarkan di seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara. Merek Vitamin C ini dipasarkan dalam bermacam bentuk seperti tablet, effervescent, juga tablet hisap untuk anak. Disesuaikan dengan kebutuhan orang yang ingin mengonsumsinya.

  • Update terakhir: 5 Agustus 2019
  • Update selanjutnya: 3 Agustus 2020
Related Articles