Mencegah Sakit Ketika Hujan Datang

Hujan turun, dan penyakit pun bermunculan. Banyak orang sering jatuh sakit saat musim hujan tiba, seperti flu dan alergi. Bagaimana cara mencegah sakit saat musim hujan?

Tubuh kedinginan karena mengenakan pakaian basah. Telapak kaki keriput karena air masuk ke alas kaki kita. Penyejuk ruangan terasa semakin dingin akibat cuaca dingin di luar ruangan. Kondisi-kondisi tersebut dapat membuat kesehatan seseorang terganggu. Tak lama terdengar bunyi bersin dari penderita flu di sebelah kita, dan virus pun menyebar bebas di udara.

Bagaimana Mencegah Sakit Saat Musim Hujan?

Kelembapan udara yang cukup tinggi ketika musim hujan, membuat bibit-bibit penyakit mudah berkembangbiak dan menyebar. Alergi akan mudah terpicu, sedangkan flu dengan gampangnya menyebar. Bagaimana cara-cara untuk mencegah sakit ketika musim hujan? Ini beberapa contekan untuk mencegah sakit saat kondisi hujan dan udara dingin terjadi berhari-hari:

1. Selalu sedia perlengkapan anti hujan

Cuaca ketika musim hujan sangat cepat berubah. Jika jam 1 siang matahari bersinar terang, maka bukan tak mungkin hujan lebat beserta petir akan terjadi setengah jam kemudian. Oleh karena itu selalu sediakan perlengkapan anti hujan

2. Perkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi suplemen Vitamin C

Perkuat dan pertahankan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen Vitamin C. Sebab suplemen Vitamin C dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan virus-virus yang masuk ke dalam tubuh.

3. Jalani pola makan sehat

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari. Hindari makanan mentah jika tidak yakin akan kehigienisannya. Cucilah buah-buahan dan sayuran sebelum dimasak. Hindari pula untuk membeli jajanan yang kurang higienis.

4. Segera bersihkan dan keringkan tubuh jika basah kehujanan

Penyakit dapat muncul jika suhu tubuh tiba-tiba turun drastis. Hal ini biasanya terjadi ketika tubuh seseorang basah kehujanan. Mandi setelah kehujanan dapat membantu membersihkan tubuh yang kotor setelah terkena hujan

5. Rutin mencuci tangan

Ketika musim hujan, tangan mudah sekali terkontaminasi bibit penyakit. Cucilah tangan secara rutin, khususnya sebelum makan atau mengolah bahan makanan.

Yang Diperlukan Untuk Hindari Flu

Flu adalah penyakit yang mudah menyebar saat musim hujan tiba. “Orang cenderung berkumpul, dan virus flu dengan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui bersalaman, bersin, atau batuk,” jelas Ranit Mishori, dokter RS Pusat Universitas Georgetown di Washington.

“Minumlah 2 gram Vitamin C sehari jika muncul gejala flu, sebab Vitamin C bisa mempercepat penyembuhan,” ujar Dokter Mishori lagi. Kemudian mengonsumsi makanan tertentu ternyata  juga disarankan ketika sedang flu. Untuk makanan dokter Mishori menyarankan sup ayam, karena memiliki zat anti-radang, dan dapat membantu melegakan pernapasan yang tersumbat. Penuhi kebutuhan Vitamin C dengan suplemen Vitamin C yang mudah diserap tubuh dan aman bagi lambung Anda.