Membuka Kantor Di Masa New Normal

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa virus corona tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu singkat. Hal ini diperkuat dengan belum ditemukannya vaksin Covid-19. Oleh sebab itu, masyarakat harus menerapkan cara hidup baru yang mengedepankan protokol kesehatan dengan disiplin, benar, dan ketat. Apa saja aturan yang harus diikuti untuk membuka kantor di masa New Normal?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, lebih aman di ginjal, dan bertahan 24 jam di dalam tubuh.

11 Aturan Membuka Kantor Di Masa New Normal

Kantor bisa menjadi lokasi penyebaran baru Covid-19, jika pengelola perkantoran tidak menerapkan aturan pencegahan Covid-19 pada area kantor. Memang apa saja aturan baru untuk membuka kantor namun namun tetap bisa menangkal penyebaran Covid-19? Berikut beberapa aturan pencegahan Covid-19 menurut WHO (World Health Organization), yang sebaiknya dilakukan oleh pengelola gedung perkantoran.

  1. Melakukan penyemprotan dan pembersihan dengan cairan desinfektan secara berkala pada semua meja, gagang pintu, tombol lift, pegangan tangga, keran air, keyboard komputer, dan permukaan telepon.
  2. Menyediakan hand sanitizer di sekitar ruangan kantor, dan di setiap lantai gedung perkantoran. 
  3. Memasang poster-poster yang memberikan informasi tentang cara pencegahan penularan Covid-19.
  4. Memastikan semua pekerja bisa mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin.
  5. Mewajibkan semua orang yang masuk ke area perkantoran menggunakan masker wajah. Salah satu caranya, dengan menyediakan masker untuk orang yang tidak menggunakan masker.
  6. Menyediakan tempat sampah berpenutup.
  7. Bukalah jendela ruang perkantoran secara rutin, agar terjadi pergantian udara.
  8. Mengatur jarak antara meja pekerja setidaknya satu meter. Atur pula jarak antar kursi di ruang meeting minimal satu meter.
  9. Jika memungkinkan, dorong para pekerja untuk melakukan virtual meeting daripada harus bertatap muka.
  10. Mengukur suhu tubuh semua orang yang akan masuk ke gedung perkantoran.
  11. Pengelola kantor sebaiknya tidak mengizinkan seseorang yang demam, atau sakit flu dan pilek, untuk masuk ke dalam gedung.
  12. Mengganti sistem absensi pegawai tanpa kontak fisik, seperti scan kartu. Sebab sistem absensi dengan sidik jari lebih beresiko untuk menjadi alat penyebaran virus corona di perkantoran.
  13. Hilangkan kegiatan makan bersama, dan anjurkan para pegawai untuk makan siang di meja kerja masing-masing.

Kementerian Kesehatan RI juga menganjurkan kepada setiap perusahaan untuk memberikan suplemen Vitamin C ke seluruh karyawannya, agar daya tahan tubuh setiap karyawan tetap terjaga. Pilihlah suplemen Vitamin C yang lebih tidak perih di lambung, seperti Holisticare Ester C, agar tidak mengganggu produktivitas kerja karyawan. 

Aturan Main Untuk Para Pekerja

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, bukan hanya pengelola perkantoran yang mesti menerapkan aturan baru, para pekerja juga harus mengikuti aturan baru ketika beraktivitas di kantor. Berikut beberapa aturan yang sebaiknya diterapkan pekerja, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di kantor:

  • Gunakan masker wajah saat berada di kantor.
  • Cucilah tangan secara rutin dengan air dan sabun.
  • Bersihkan alat kerja Anda dengan cairan desinfektan setiap hari (layar smartphone, keyboard, mouse, alat tulis, permukaan telepon kantor, permukaan meja).
  • Usahakan untuk tidak memegang wajah dengan tangan.
  • Jauhkan kursi kerja Anda dengan kursi rekan kerja minimal satu meter.
  • Hindari berjabat tangan, dan menggunakan lipatan lengan untuk menutupi hidung dan mulut saat bersin.
  • Jagalah jarak dengan pekerja lain selama di kantor.
  • Buanglah tisu yang sudah dipakai ke tempat sampah berpenutup.
  • Jika sedang demam, atau merasa tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk datang ke kantor.
  • Sisihkan waktu untuk mendapatkan sinar matahari (berjemur) setiap hari, agar tubuh terpicu untuk memproduksi Vitamin D.
  • Bawalah 2 buah masker kain selama pergi ke kantor. Sebab satu masker kain dianjurkan hanya dipakai maksimal 3-4 jam.
  • Cucilah masker kain dengan menggunakan air dan deterjen. Gunakan air panas untuk merendamnya, kemudian jemurlah masker kain di tempat yang terkena sinar matahari.

Agar daya tahan tubuh tetap kuat dalam menghadapi infeksi virus dan kuman selama bekerja di kantor, lengkapi konsumsi makanan sehat Anda dengan asupan suplemen Vitamin C. Sebab Vitamin C dapat membantu meningkatkan kerja sel-sel sistem imun tubuh seperti sel natural killer, neutrofil, limfosit, dan antibodi.