Manfaat Untuk Otak

Vitamin C umumnya dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang, karena mengandung banyak antioksidan. Namun apa manfaat untuk otak dari vitamin ini?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C. Untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat menghadapi infeksi virus dan bakteri, konsumsilah suplemen Vitamin C setiap hari. Pilihlah suplemen Vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung dan mampu bertahan 24 jam di dalam tubuh.

Berbicara mengenai vitamin C tentu tidak lepas dari manfaatnya untuk daya tahan tubuh. Ya, vitamin C memang berkontribusi besar terhadap sistem imun untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis dan degeneratif seperti kanker, penyakit autoimun, penuaan, katarak, penyakit kardiovascular, rheumatoid arthritis, dan lain-lain. Namun tidak sampai di situ, vitamin C juga punya manfaat lain yang mungkin belum kamu ketahui. Manfaat vitamin C itu juga dirasakan pada organ otak.

Manfaat Untuk Otak Dari Vitamin C

Efek positif vitamin c untuk otak telah diulas oleh berbagai peneliti sejauh ini. Pada temuan yang dipublikasikan Oregon Health & Science University dalam Journal of Neuroscience ditemukan bahwa ternyata vitamin C juga dibutuhkan oleh sel-sel retina agar dapat berfungsi dengan baik. Karena retina adalah bagian dari sistem saraf pusat, hal ini menunjukkan adanya kemungkinan peran penting vitamin C pada otak.

Otak memiliki reseptor khusus, yang disebut GABA, untuk membantu merangsang interaksi yang cepat antara sel-sel di otak. GABA reseptor di otak merupakan neurotransmitter utama dalam retina dan otak yang bertindak sebagai rem pada rangsangan yang berlebihan pada neuron di otak.

Para peneliti menemukan bahwa saat vitamin C hilang dari tubuh, reseptor GABA di sel-sel retina berhenti berfungsi dengan baik. Karena sel-sel retina adalah jenis sel otak yang sangat mudah diakses, kemungkinan bahwa reseptor GABA pada bagian lain otak juga membutuhkan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Vitamin C pun merupakan antioksidan alami, sehingga proses yang terjadi adalah mempertahankan reseptor dan sel-sel otak dari kerusakan dini.

Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Hal ini dapat membantu tubuh mencegah penyakit alzheimer. Tidak hanya itu, vitamin yang identik dengan jeruk ini pun bisa membantu meningkatkan mood. Sebuah riset oleh University of Otago, Selandia Baru, menemukan bahwa konsumsi vitamin C yang cukup bisa mengurangi mood yang buruk, menurunkan tingkat depresi, serta membangkitkan semangat.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah mengonsumsi vitamin C secara rutin. Dengan asupan vitamin yang cukup setiap harinya, kamu tidak hanya memperoleh manfaat untuk daya tahan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan otak. Jangan lupa untuk kritis memilih vitamin C dengan penyerapan terbaik.