Manfaat Ester C yang Tidak Ada Di Vitamin C Lain

Ester C di pasaran umumnya memiliki harga sedikit lebih tinggi dibanding vitamin C biasa atau asam askorbat. Namun dibandingkan perbedaan harganya, Ester C ternyata memberikan berbagai keunggulan dibanding vitamin C biasa. Apa saja manfaat Ester C? Bagaimana efeknya ke tubuh?

Ester C Itu Apa Sih?

Ester C, atau bentuk ester dari vitamin C, merupakan sejenis Vitamin C hasil penyempurnaan dari Vitamin C generasi sebelumnya. Vitamin C jenis Ester C memiliki komposisi kalsium askorbat; berbeda dari Vitamin C biasa yaitu asam askorbat. Karena komposisi tersebut maka Ester C tidak bersifat asam.

Apa Sih Manfaat Ester C?

Berikut beberapa manfaat Ester C yang tidak dimiliki Vitamin C jenis lainnya:

  • Ester C relatif aman bagi lambung, karena tingkat keasamannya mendekati netral. Holisticare Ester C merupakan  salah satu vitamin C jenis ester C yang paling populer karena dipasarkan dengan harga terjangkau; memiliki tingkat keasaman mendekati netral (pH), 6,0-7,0. Sedangkan Vitamin C jenis asam askorbat memiliki kandungan asam (pH) hanya 2,5 hingga 3,7.
  • Lebih mudah diserap tubuh. Komposisi unik Holisticare Ester C membuat tubuh lebih mudah menyerap kandungan Vitamin C di dalamnya. Keunikan komposisinya adalah adanya kandungan zat threonat, sejenis metabolit yang dapat meningkatkan penyerapan Vitamin C oleh tubuh manusia. Hal ini membuat Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tidak terbuang percuma bersama urine.
  • Potensi penumpukan oksalat yang rendah. Oksalat adalah sisa metabolisme Vitamin C yang tidak diserap tubuh. Oksalat akan dikeluarkan tubuh melalui urine. Jika oksalat bertemu dengan kalsium akan berisiko membentuk batu ginjal (kalsium oksalat). Rendahnya potensi penumpukan oksalat, membuat Holisticare Ester C memiliki resiko batu ginjal lebih rendah.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, rasanya lumrah jika Vitamin C jenis Ester C memiliki harga yang lebih tinggi dari Vitamin C biasa. Seperti jargon “ada uang ada barang”. Namun ada merek Vitamin C Ester C yang dipasarkan dengan harga relatif terjangkau, dan tidak berbeda jauh dengan Vitamin C biasa, yaitu Holisticare Ester C. Anda bisa mendapatkan manfaat Ester C dengan harga yang hampir sama dengan Vitamin C asam askorbat.

Referensi:

https://www.livestrong.com/article/410822-differences-between-ester-c-vitamin-c/