manfaat dance

Makin banyaknya pengguna aplikasi TikTok, membuat semakin banyak orang yang sering melakukan aktivitas dancing. Apakah aktivitas tersebut hanya buang-buang waktu? Tidak juga, karena berdansa juga punya efek positif untuk kesehatan kita. Apa saja manfaat dance untuk kesehatan kita? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, dan Vitamin C dengan 24 hours bioavailability.

Manfaat Dance Untuk Kesehatan

Setiap user TikTok akan saling unjuk kemampuan berdansa. Biasanya, selama 60 detik pengguna TikTok akan menampilkan gerakan-gerakan dance yang simpel namun unik. Semakin unik gerakan dance mereka, maka video TikTok mereka akan semakin populer.

Mungkin banyak orang berpikir aktivitas dancing yang mereka lakukan itu itu bermanfaat. Padahal berdansa memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Beberapa manfaat dance adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya ingat

Jika akhir-akhir ini Anda sering kelupaan sesuatu, ada baiknya Anda install TikTok dan banyak-banyak membuat video dance 60 detik. Sebab berdansa ternyata dapat bantu meningkatkan daya ingat kita.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine, aktivitas berdansa dapat meningkatkan memori otak dan mencegah berkembangnya demensia. Berdansa, atau latihan aerobik lainnya, dapat mengembalikan hilangnya volume bagian otak yang mengontrol memori (hipokampus).

2. Memperbaiki mood

Saat mood sedang tidak bagus, ada baiknya Anda mencoba untuk berdansa. Sebab berdansa dapat meningkatkan mood “Gerakan dan tarian sangat ekspresif, sehingga memungkinkan Anda untuk melepaskan diri dan membantu meningkatkan kesehatan mental serta emosional,” jelas Jonathan Tylick, seorang dancer profesional.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Dance adalah salah satu aktivitas yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Tubuh akan mendapatkan efek positif jika Anda berdansa selama:

  • Setidaknya 150-300 menit setiap pekan, dengan intensitas sedang.
  • 75 sampai 150 menit per minggu, dengan intensitas berat.

4. Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

“Menurut kami, aktivitas dance dapat bermanfaat dalam melatih keseimbangan. Sebab berdansa merupakan rangkaian dari uji keseimbangan, ” ujar Emily Sandow, supervisor terapi fisik dance di NYU Langone. Salah satu alasan yang membuat dance menjadi latihan fisik yang bagus karena dapat menggabungkan hampir semua jenis gerakan.

5. Bantu turunkan berat badan

Jika merasa bosan dengan latihan fisik yang monoton, Anda bisa mencoba berdansa untuk bantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiological Anthropology menemukan fakta bahwa latihan aerobik dance sama seperti bersepeda dan jogging dalam hal menurunkan berat badan. 

Jaga Daya Tahan Tubuh Di Tengah Pandemi

Sibuk ciptakan dance baru untuk diposting di TikTok, jangan sampai membuat Anda lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi guna menjaga daya tahan tubuh. Penuhi kebutuhan vitamin C tubuh setiap hari dengan suplemen vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C, yang lebih tidak perih di lambung.