Makanan Buka Puasa Yang Sehat

Buka puasa merupakan aktivitas yang paling dinantikan umat Islam selama bulan ramadhan berlangsung. Pada saat itulah umat Islam diwajibkan berpuasa dan diperbolehkan makan dan minum, setelah berpuasa seharian. Minuman dan makanan buka puasa seperti apa yang menyehatkan? Simak tips berbuka puasa disini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C untuk penuhi kebutuhan Vitamin C tubuh selama berpuasa. Sebab Holisticare Ester C mempunyai tingkat keasaman yang mendekati netral, sehingga lebih tidak perih di lambung dan bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Kandungan Holisticare Ester C juga lebih mudah diserap oleh tubuh dan dapat bertahan 24 jam di dalam tubuh.

Puasa memang berdampak baik bagi kesehatan, terutama pada sistem pencernaan. Namun jika tidak dilakukan dengan benar, puasa justru bisa memberi efek merugikan. “Makanan untuk buka puasa sebaiknya seimbang dan terdiri dari sayuran, sereal (karbohidrat), daging, produk susu, dan buah-buahan,” jelas Rahma Ali, pakar diet dari Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi. Seperti apa makanan buka puasa yang menyehatkan?

Makanan Buka Puasa Yang Sehat

Sahur dengan makanan sehat memang penting. Namun tidak kalah penting untuk kita berbuka puasa dengan menu makanan seimbang, yang menjamin kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. “Apalagi saat berpuasa di musim kemarau. Kita akan kehilangan banyak sodium dan potasium saat tubuh berkeringat,” ujar Rahma Ali.

Inilah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi sebagai makanan buka puasa sehat:

1. Makanan kaya potasium

Potasium sangat diperlukan oleh sistem tubuh untuk bekerja secara normal. Beberapa peran potasium dalam tubuh adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, serta mengurangi resiko kram.

Beberapa jenis makanan kaya akan kandungan potasium adalah kacang buncis, sayuran yang berwarna hijau kegelapan, kentang-kentangan, labu, yogurt, alpukat, jamur-jamuran, serta pisang.

Sedangkan kurma, yang sempurna untuk dijadikan makanan buka puasa, merupakan ‘gudangnya’ potasium dan nutrisi lainnya.  Tidak hanya itu, kurma juga membantu memberikan energi instan bagi tubuh setelah berpuasa seharian.

2. Kacang-kacangan mentah

Kacang mentah seperti kacang almond, mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Lemak pada kacang mentah akan membantu perut terasa penuh, sehingga Anda bisa mengontrol nafsu makan.

3. Sayuran berair

Sayuran jenis ini akan membantu tubuh terasa lebih dingin, memperkecil resiko sembelit, dan menjaga kesehatan kulit selama menjalani puasa. Hal ini disebabkan sayuran seperti timun, dan selada, memiliki kandungan serat dan air yang tinggi.

Minuman Terbaik Untuk Berbuka Puasa

Air putih tentu saja menjadi minuman pilihan terbaik untuk berbuka puasa. Sebab air putih dapat membantu mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Air mineral juga membantu menggantikan energi yang hilang. Selain air putih, berikut beberapa jenis minuman untuk berbuka puasa yang sehat:

  • Air kelapa: Kelapa mengandung banyak elektrolit, vitamin, dan mineral untuk mengisi ulang energi dan mengganti cairan tubuh. Air kelapa juga tidak meningkatkan kadar gula darah dan insulin secara mendadak. 
  • Jus buah. Dengan rasa yang nikmat, dan mudah disiapkan, Anda bisa mempersiapkan jus buah untuk berbuka puasa. Contohnya seperti jus apel dan tomat, dengan kandungan banyak vitamin, zat besi, dan serat, ini bisa Anda jadikan minuman pelepas dahaga yang sehat saat berbuka puasa.

Makanan Ibu Hamil Saat Buka Puasa

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa ibu hamil cenderung mendapatkan asupan kalori lebih sedikit saat berpuasa. Mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang kandungan nutrisinya dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin.

Beberapa jenis makanan berbuka puasa yang direkomendasikan untuk ibu hamil yang menjalani ibadah puasa adalah:

  • Kurma dan jus buah-buahan. Keduanya termasuk makanan sehat yang dapat membantu tubuh ibu hamill untuk menormalkan kadar gula darah. Kurma dan jus buah juga kaya akan nutrisi-nutrisi penting.
  • Sayuran berdaun hijau. Ibu hamil wajib memasukkan sayur mayur berdaun hijau dalam menu buka puasa mereka. Sebab sayuran jenis ini mengandung asam folat dan zat besi cukup tinggi.
  • Makanan kaya protein, seperti ayam, daging, atau ikan. Atau dari sumber nabati seperti buncis (chole), kacang merah (rajma), atau kacang hijau. 
  • Makanan mengandung karbohidrat. Sebab karbohidrat merupakan sumber energi yang bagus. Kombinasikan antara jenis makanan dengan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.
  • Perbanyak makan buah. Jika ibu hamil menginginkan makanan manis, konsumsilah buah-buahan. Sebab selain mengandung gula, buah-buahan juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh.