Efek Kesepian Bisa Mengubah Daya Tahan Tubuh

Putus cinta, atau kehilangan seseorang yang Anda sayangi, sehingga merasa kesepian bukan hanya berpengaruh pada kesehatan mental seseorang saja. Namun juga kondisi fisiknya. Bahkan daya tahan tubuh manusia dapat berubah karena kesepian. Kenapa?

Kesepian Menurunkan Daya Tahan Tubuhmu

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dilakukan oleh John T. Cacioppo, seorang profesor psikologi di University of Chicago, menemukan fakta bahwa kesepian dapat mengubah sel-sel sistem daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit.

Penelitian ini dilakukan untuk melanjutkan hasil penelitian Profesor John T. Cacioppo sebelumnya yang menemukan fakta bahwa orang berusia lanjut yang mengalami kesepian ekstrem beresiko mengalami kematian dini lebih besar 14 persen. Orang yang kesepian akan mengalami resiko peradangan lebih besar dan respon kekebalan tubuh lebih lemah daripada orang yang tidak kesepian.

Hal ini berhubungan dengan mekanisme CTRA (conserved transcriptional response to adversity) pada gen, yang berperan pada peningkatan peradangan dan menurunnya respon antivirus. Tim penelitian menemukan bahwa adanya peningkatan mekanisme gen CTRA pada sel-sel darah putih akibat kesepian.

Perkuat Daya Tahan Tubuh Dengan Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berfungsi meningkatkan kinerja sel natural killer (NK). Vitamin C akan mengaktifkan sel-sel NK, sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki pelindung ekstra dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja sel-sel NK ialah dengan mengkonsumsi Vitamin C secara rutin.

Fungsi lain Vitamin C bagi daya tahan tubuh adalah mendukung fungsi neutrofil, yang berfungsi melawan infeksi penyakit dan menghancurkan bakteri. Salah satu cara untuk mendukung neutrofil bekerja dengan baik adalah rutin mengkonsumsi Vitamin C.

Vitamin C juga dapat mempertahankan jumlah limfosit, yang bertanggung jawab atas respon sistem kekebalan tubuh ketika virus dan bakteri menyerang. Jika jumlah limfosit menurun, maka kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan turut berkurang.

Kerja imunoglobulin juga dapat meningkat dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C. Imunoglobulin merupakan protein yang diproduksi tubuh untuk bantu melawan zat asing di dalam tubuh. Ketika seseorang sakit, tubuh akan menghasilkan imunoglobulin untuk melawan penyakit tersebut.

Pilihlah jenis Vitamin C Ester C yang memiliki kadar keasaman mendekati netral, seperti Holisticare Ester C, sehingga lebih tidak perih di lambung dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/303084.php