Hepatitis Akut Misterius: Penyebab, Penularan dan Penanganannya
Holisticare Logo
Back to Article

Penyakit

Hepatitis Akut Misterius: Penyebab, Penularan dan Penanganannya

Pada 15 April 2022, WHO merilis laporan terkait adanya kasus hepatitis akut misterius pada anak-anak dengan etiologi tidak dikenal di Inggris dan Irlandia Utara. Setelah itu, terdapat peningkatan kasus yang signifikan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Tapi apa sebenarnya penyakit hepatitis akut misterius ini? Bagaimana penularannya dan adakah cara untuk mengobatinya?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester-C Kids, sebuah suplemen kesehatan untuk mendukung kekuatan daya tahan tubuh si kecil agar tetap aktif dan semangat beraktivitas sepanjang hari. 

Apa itu hepatitis akut misterius?

Hepatitis akut misterius adalah inflamasi atau peradangan hati (liver) secara tiba-tiba. Penyakit hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis yang dibagi menjadi 5 jenis yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis B dan C kronis dapat beresiko berkembang menjadi kanker hati. Hepatitis tidak hanya menyerang anak-anak namun juga orang dewasa. 

Penularan virus hepatitis bisa melalui air dan makanan yang terkontaminasi, kontak darah antara penular melalui jarum suntik, alat mandi, transfusi darah hingga berhubungan intim. 

Berbeda dengan kelima jenis virus hepatitis di atas, belakangan ini sedang marak penyakit hepatitis misterius yang menyerang anak-anak, karena tidak ditemukannya virus hepatitis A, B, C, D, dan E pada penderita. 

Hepatitis akut misterius ini menyerang anak berusia 1 bulan hingga 16 tahun. 10% dari kasus yang ditemukan oleh WHO di berbagai belahan dunia termasuk Eropa dan Amerika Serikat, membutuhkan transplantasi hati. 

Penyebab Hepatitis Akut Misterius

Penyebab hepatitis akut misterius hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun dugaan sementara, hepatitis yang menyerang anak-anak disebabkan oleh adenovirus. Sejalan dengan itu, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI menyebutkan kemungkinan biang keladi hepatitis misterius ini adalah adenovirus, SARS CoV-2 dan virus EBV. Virus-virus tersebut menyerang saluran pencernaan dan pernapasan. 

Gejala 

Untuk mengantisipasi segala resiko yang akan ditimbulkan oleh hepatitis, kita harus memperhatikan gejala-gejala di bawah ini. Jika anak Anda mengalami gejala-gejala berikut, segera kunjungi layanan kesehatan di sekitar Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  • kulit dan bagian putih mata menguning
  • lesu
  • muntah
  • mual
  • sakit perut
  • diare
  • tinja memucat
  • demam
  • sulit bernapas

Pencegahan Hepatitis Akut Misterius

Terhitung pada 15 Mei 2022, 18 anak dilaporkan meninggal dunia akibat dugaan hepatitis akut misterius di Indonesia. Korban paling muda merupakan seorang bayi perempuan berusia 2 bulan. Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengungkapkan agar masyarakat perlu waspada menghadapi hepatitis misterius ini. 

Berikut cara pencegahan untuk mengurangi resiko terkena hepatitis akut misterius pada anak.

  • rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • jangan berbagi alat makanan
  • cuci makanan sebelum dikonsumsi
  • cuci peralatan makan sebelum digunakan
  • membuang tinja dan popok sekali pakai pada tempatnya
  • memasak dengan kondisi matang
  • gunakan masker saat berada di luar rumah
  • penuhi asupan nutrisi harian anak
  • melakukan vaksinasi hepatitis

Manfaat vitamin C untuk mengatasi kerusakan hati

Vitamin C (ascorbic acid) memiliki fungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi, dengan cara melepaskan spesies oksigen reaktif (ROS) yang mengakibatkan inflamasi pada berbagai penyakit. 

Menurut studi, terdapat hubungan positif antara kerusakan hati dan kekurangan vitamin C. Hal ini bisa disebabkan oleh fungsi antioksidan dan antiinflamasi vitamin C itu sendiri. Sehingga penting sekali untuk menjaga asupan harian vitamin C tetap tercukupi, baik melalui makanan ataupun suplementasi. 

Suplementasi vitamin C seperti Holisticare Ester C Kids memiliki potensi sebagai antioksidan dan antiinflamasi  bagi penderita penyakit hati. Holisticare Ester-C Kids memiliki kandungan Ester-C (salah satu jenis vitamin C dengan pH netral sehingga lebih tidak perih di lambung) yang akan bantu menjaga daya tahan tubuh si kecil. 

 

Ditinjau oleh: dr. Putri Wulandari


Related Article


Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.
Testing
Holisticare - Facebook Holisticare - Instagram Holisticare - Twitter Holisticare - Youtube