Cara Sehat Makan Mie Instan

Saat diumumkan bahwa masa PSBB akan dimulai, awal April 2020 lalu, banyak dari kita yang berbondong-bondong membeli bahan makanan dalam jumlah banyak. Salah satu bahan makanan tersebut adalah mie instan. Akibatnya, saat ini masih banyak stok mie instan  menumpuk di rumah. Bagaimana cara lebih sehat untuk makan mie instan yang masih menumpuk?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, lebih aman di ginjal, dan bertahan 24 jam di dalam tubuh. Kandungan Holisticare Ester C juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Ini Tips Makan Mie Instan Lebih Sehat

Asal tidak berlebihan, mie instan boleh dikonsumsi. Sunil Sharma, dokter dari Rumah Sakit Madan Mohan di India, mengatakan bahwa kandungan zat pengawet dan zat aditif membuat mie instan tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Endang L. Achmadi, Guru Besar Bidang Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan bahwa mie instan tidak bisa menutupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh meskipun kandungan karbohidrat di dalamnya cukup tinggi. Tapi disini ada beberapa tips untuk mengolah mie instan menjadi sajian yang lebih sehat.

1. Ganti air rebusan mie instan

Baik yang goreng ataupun rebus, mie instan umumnya menjalani proses perebusan dengan air panas. Namun jika Anda ingin menyantap mie instan dengan kuah, sebaiknya jangan gunakan air bekas rebusan mie instan. Gunakan saja air panas yang baru. 

2. Tumis dengan minyak zaitun

Mie instan bisa diolah dengan cara menumisnya. Coba gunakan minyak zaitun dalam proses penumisan, sebab minyak ini mengandung lemak tak jenuh dan mampu membantu tubuh mengontrol berat badan dan kadar kolesterol.

3. Jangan gunakan bumbu bawaannya

Mayoritas bumbu mie instan memiliki kandungan sodium, natrium, dan MSG dalam jumlah banyak. Buanglah bumbu bawaan mie instan, dan ganti dengan racikan bumbu sendiri. Anda bisa menggunakan minyak wijen, kecap, saus ikan, atau bubuk kari.

4. Tambahkan makanan berprotein favorit

Agar kandungan gizi dalam sajian mie instan semakin banyak, tambahkan pula makanan berprotein yang menjadi favorit Anda. Contohnya adalah telur, ikan, biji-bijian, atau irisan daging non-lemak.

5. Lengkapi dengan sayuran segar

Setelah menambahkan protein pada semangkuk mie instan, Anda juga perlu menambahkan sayuran segar seperti brokoli, sawi, kubis, atau wortel. Kandungan serat dan nutrisi di dalam sayuran bisa menyehatkan tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Pula Suplemen Vitamin C

Meskipun sudah kita olah agar lebih sehat, kita harus lengkapi konsumsi mie instan kita dengan suplemen Vitamin C. “Sebab bahan pengawet dan garam pada mie instan itu banyak,” ungkap Endang L. Achmadi. Oleh karena itu kita harus bantu jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi suplemen vitamin, khususnya Vitamin C. Sebab vitamin C mampu bantu jaga daya tahan tubuh tetap kuat melawan infeksi virus dan bakteri