Masker Wajah Kain

Di masa pandemi ini, setiap kali keluar rumah kita wajib menggunakan masker wajah. Salah satu jenisnya adalah masker kain. Tapi tidak semua tahu aturan penggunaan masker kain, dan bagaimana cara mencucinya dengan benar. Simak di artikel ini untuk tahu aturan memakainya dan cara mencucinya.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, dan Vitamin C dengan 24 hours bioavailability.

Memakai Masker Wajah Kain

Kain menjadi jenis bahan masker wajah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Sebab masker kain mudah dibuat, mudah dicari, bisa dicuci dan digunakan kembali. Biasanya masker kain terbuat dari tenunan kain katun yang rapat.

Masker wajah kain digunakan dengan tujuan untuk menangkap droplet yang terlontar dari mulut seseorang ketika berbicara, batuk, ataupun bersin. Pemerintah mewajibkan semua orang untuk menggunakan masker wajah kain agar membantu menurunkan penyebaran virus Covid-19, dari seseorang yang tidak sadar kalau dirinya positif Covid-19.

Berikut beberapa aturan yang sebaiknya kita ikuti ketika menggunakan masker wajah dari kain:

  1. Cucilah tangan dengan sabun sebelum memakai dan setelah melepaskan masker wajah kain.
  2. Pasangkan masker wajah kain menutupi mulut dan hidung.
  3. Ikatlah tali masker ke belakang kepala, atau kaitkan tali masker ke kedua daun telinga.
  4. Jangan menyentuh masker ketika sedang menggunakannya.
  5. Jika Anda tidak sengaja menyentuh masker, cucilah tangan Anda dengan air dan sabun.
  6. Ganti masker kain jika sudah digunakan selama 4 jam, kotor, atau basah. Simpanlah masker yang telah dipakai ke dalam tas tertutup.
  7. Copotlah masker dengan melepaskan tali di belakang kepala, atau mencopot tali dari kedua daun telinga, tanpa memegang bagian depan masker atau wajah.
  8. Segera mencuci tangan setelah melepaskan masker kain.
  9. Cucilah masker kain dengan air dan sabun menggunakan tangan atau mesin cuci. Saat mencuci, masker kain bisa dicampurkan bersama dengan pakaian.  

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

Satu hal yang perlu diingat, setelah menggunakan masker kita tetap perlu menjaga jarak. Kemudian setelah kita tahu cara menggunakan dan mencuci masker kain dengan benar, ada beberapa larangan yang sebaiknya kita juga tahu seperti:

  • Jangan meminjamkan, atau memakai, masker orang lain.
  • Jangan melepas masker saat dekat dengan orang lain. Pastikan tidak ada orang lain dalam radius 1 meter dari Anda.
  • Pilihlah masker yang tidak menyulitkan proses bernafas.
  • Jangan kenakan masker yang tidak layak, dan talinya sudah kendur.

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Masa Pandemi

Untuk menjaga dari infeksi virus saat berada di luar rumah, kita harus menjaga kinerja daya tahan tubuh tetap optimal. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk kebutuhan vitamin C. Sebab vitamin C mengandung antioksidan yang mampu bantu menjaga daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus.

Dalam sistem imun tubuh, vitamin C dapat meningkatkan kinerja sel natural killer, membantu neutrofil menangkal serangan virus, menjaga jumlah limfosit, dan membantu proses pembentukan antibodi. Untuk jaga daya tahan tubuh, konsumsilah suplemen Vitamin C jenis Ester C seperti Holisticare Ester C setiap hari.