Cara Mengatasi Rasa Bosan

Masing-masing orang punya cara sendiri menghilangkan rasa bosan. Berikut lima tips mengatasi bosan dan bagaimana pula efek dari rasa bosan pada kita?

Kebosanan sendiri merupakan perasaan yang pernah dialami hampir semua orang. Bosan dapat dipicu oleh perasaan tidak puas seseorang terhadap suatu aktivitas, atau ketidaktertarikan orang pada sebuah aktivitas.

Cobalah makanan dan minuman dengan rasa baru untuk hilangkan kebosanan. Contohnya, jika Anda biasa mengkonsumsi Vitamin C effervescent rasa jeruk, cobalah effervescent dengan rasa mango. Seperti Holisticare Ester C Effervescent Mango. Rasanya lebih segar dan anti bosan.

Kandungan Vitamin C pada Holisticare Ester C Effervescent Mango juga mampu membantu menjaga daya tahan tubuh, serta lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda juga bisa menghilangkan kebosanan dengan bereksperimen meracik minuman baru menggunakan Holisticare Ester C Effervescent Mango.

5 Cara Sederhana Mengatasi Bosan

Rasa bosan juga dapat muncul ketika seseorang sedang bersemangat, namun tidak bisa melakukan aktivitas yang diinginkan untuk bisa menyalurkan energinya. Ada banyak cara mengatasi bosan, berikut ini lima cara terbaiknya.

1. Lakukan kegiatan kreatif

Beberapa cara kreatif untuk mengusir kebosanan adalah menggambar atau mewarnai, membuat daftar kreatif (seperti daftar tempat yang ingin dikunjungi atau daftar keinginan yang belum terpenuhi), menulis kreatif (bisa menulis surat atau bahkan email), membuat prakarya (dari benda-benda yang bisa ditemukan di rumah untuk orang terdekat).

2. Kerjakan aktivitas produktif

Anda dapat pula mengalahkan kebosanan dengan menjadi produktif. Beberapa kegiatan produktif yaitu berolahraga agar pikiran menjadi aktif, melakukan yoga untuk membangun kekuatan pikiran dan menyingkirkan pikiran kebosanan, mempelajari keterampilan baru seperti melukis atau memasak, mencoba berkebun, merencanakan liburan atau acara keluarga, merapikan kembali rumah, atau mengerjakan sesuatu yang tertunda.

3. Berinteraksi dengan orang lain

Interaksi dengan orang lain bisa menjadi cara ampuh untuk menghapuskan rasa bosan. Beberapa cara interaksi dengan orang lain yang bisa mengusir kebosanan adalah bermain game online dengan orang lain (jangan sampai kecanduan), melakukan games sederhana tanpa alat, bercengkrama di kafe, menonton film bersama, berbelanja di toko barang bekas, menjadi turis di kota sendiri, atau melakukan photoshoot sederhana.

4. Hindari situasi membosankan

Sebelum mulai merasa bosan, sebaiknya Anda sudah menghindari situasi membosankan. Bosan tidak hanya hadir ketika berada di ruangan menjemukan, atau saat mengantuk dan kelelahan. Kebosanan bisa datang saat berada di sebuah kafe ramai, dengan volume musik yang keras, dan banyak orang yang berbicara dengan kita.

Anda juga bisa merasa bosan saat tidak bisa fokus pada satu hal, lebih dari satu atau dua menit. Kebosanan juga akan menyerang ketika Anda sedang dalam kondisi terlalu bersemangat, atau dalam lingkungan yang terlalu ramai. Hindari situasi-situasi yang bisa memicu rasa bosan Anda muncul.

5. Mencoba cara baru untuk menghabiskan waktu

Selain dari keempat cara diatas, Anda juga bisa mencoba melakukan kegiatan-kegiatan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Contohnya? Melihat-lihat foto atau gambar binatang lucu online, membuat resep kue, membuat CD kompilasi lagu favorit, berdansa atau menari, melihat-lihat foto lama, atau menonton video-video lucu online.

Efek Buruk Kebosanan

Jika kebosanan terus menerus dirasakan, Anda dapat beresiko mengalami salah satu dari beberapa efek buruk dari rasa bosan yaitu:

  • Ketergantungan obat-obatan dan alkohol
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Nilai akademik yang tidak bagus
  • Kemampuan interpersonal yang rendah
  • Memendam kemarahan
  • Agresif
  • Kecenderungan berperilaku obsesif-kompulsif
  • Gangguan somatisasi
  • Cenderung melakukan sesuatu beresiko