cara meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menyehatkan kondisi mental dan pikiran kita. Karena mudah dan murah, meditasi juga bisa dilakukan hampir setiap orang. Ada berapa cara meditasi yang bisa dilakukan? Cara manakah yang cocok untuk diri Anda? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C adalah Vitamin C yang lebih tidak perih di lambung (pH netral), dan 24 hours bioavailability (tersedianya kadar vitamin C dalam tubuh selama 24 jam).

4 Cara Meditasi Yang Bisa Kita Pilih

Meditasi merupakan teknik sederhana yang dapat membantu mengontrol tingkat stres, mengurangi kecemasan, meningkatkan kesehatan organ jantung, menurunkan tekanan darah, meredakan rasa nyeri, meredakan gejala depresi, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Di masa modern ini, kita sangat memerlukan sesuatu yang dapat menurunkan tingkat stres. Kondisi ini membuat kepopuleran meditasi semakin meningkat. Ada beberapa cara meditasi yang semuanya belum tentu cocok untuk kita lakukan. Apa saja?

1. Meditasi mindfulness

Meditasi jenis ini berawal dari ajaran Budha, dan merupakan jenis teknik meditasi yang paling populer di barat. Dalam teknik meditasi ini, kita akan memusatkan perhatian pada pikiran-pikiran yang muncul di kepala. Namun jangan sampai mendalami pikiran-pikiran tersebut. Kita hanya mengamatinya saja.

Meditasi jenis ini akan melatih konsentrasi dengan kesadaran kita. Fokuskan perhatian Anda pada sebuah benda atau nafas Anda ketika Anda sedang merasakan sensasi di tubuh, pikiran, atau perasaan. Karena mudah, teknik meditasi ini bisa dipelajari sendiri.

2. Meditasi spiritual

Meditasi ini digunakan pada beberapa agama, seperti hindu, taoisme, dan bahkan kristen. Mirip seperti berdoa, di tengah keheningan Anda akan mencoba lebih dalam untuk berhubungan dengan tuhan dan alam semesta.

Anda dapat menggunakan minyak atsiri untuk membantu jalannya meditasi. Cara meditasi ini dapat dipraktekkan di rumah, dan bermanfaat bagi orang yang mencari keheningan dan peningkatan spiritual.

3. Meditasi fokus

Cara meditasi yang satu ini membutuhkan konsentrasi dengan menggunakan kelima panca indera kita. Kita dapat memfokuskan perhatian kita pada sesuatu di dalam tubuh seperti nafas kita. Meditasi jenis ini tampak sederhana, namun awalnya bisa terasa sulit untuk menahan konsentrasinya selama lebih dari beberapa menit bagi orang yang baru belajar meditasi.

4. Meditasi bergerak

Gaya meditasi jenis ini dapat dilakukan dengan berjalan melewati hutan, berkebun, atau bentuk gerakan lembut lainnya. Meditasi bergerak ini bagus untuk orang-orang yang memilih untuk mencari kedamaian sambil beraktivitas, daripada membiarkan pikiran mereka melayang-layang.

Cara Meditasi Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi ini, meditasi dapat kita lakukan ini untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Sebab meditasi dapat menurunkan tingkat stres seseorang dan meningkatkan kualitas tidur. Selain meditasi, kita sebaiknya juga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari, agar sistem imun dapat bekerja normal.

Untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh, konsumsilah suplemen Vitamin C jenis Ester C seperti Holisticare Ester C yang lebih tidak perih di lambung. Hal ini sejalan dengan  rekomendasi Kementerian Kesehatan RI untuk mengkonsumsi vitamin C guna membantu menjaga daya tahan tubuh.