body shaming

Body shaming bukan hanya masalah sepele, tapi juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Apa saja dampak negatifnya terhadap kesehatan? Lalu bagaimana cara sederhana untuk mengembalikan berat badan ideal? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C adalah Vitamin C yang lebih tidak perih di lambung, dan 24 hours bioavailability.

Bahaya Body Shaming Bagi Kesehatan

Body shaming adalah tindakan penghinaan terhadap bentuk atau ukuran tubuh orang lain. Bentuk penghinaan ini dapat mengakibatkan trauma emosional parah, terutama jika terjadi di usia muda. Biasanya yang melakukan penghinaan ini justru orang tua, saudara, teman, dan bahkan media massa.

Body shaming memang dapat dialami oleh orang dengan ciri fisik berbeda dari orang lain di lingkungan sekitarnya. Tapi penghinaan fisik ini seringkali dialami oleh orang yang punya berat badan berlebihan. Sebab beberapa pihak merasa body shaming merupakan bentuk dorongan agar korban body shaming termotivasi untuk menurunkan berat badannya.

Akan tetapi bukti ilmiah menunjukkan bahwa efek body shaming justru tidak positif terhadap korban. Penghinaan tubuh terhadap orang dengan berat badan berlebihan akan membuat mereka merasa stres terhadap tubuhnya, dan mendorong berat badannya semakin bertambah.

Beberapa dampak buruk penghinaan tubuh terhadap seseorang yang memiliki berat badan berlebihan adalah:

  • Gangguan pola makan: Orang yang mengalami body shaming akibat berat badan berlebihan justru lebih besar resikonya untuk mengkonsumsi makan berlebihan.
  • Memicu stres: Bila sudah mengalami stres, maka meningkat pula resiko beberapa penyakit kronis.
  • Menurunnya kepercayaan diri: Rasa percaya diri korban penghinaan tubuh dapat menurun. Hal ini bisa berpengaruh terhadap aktivitasnya setiap hari.
  • Depresi: Korban penghinaan akibat berat badannya, akan memiliki resiko lebih besar untuk menderita depresi.

4 Langkah Sederhana Hindari Body Shaming

Berat badan berlebihan memang bisa menjadi masalah besar bagi seorang korban body shaming akibat berat badannya. Namun sebenarnya ada empat cara sederhana untuk bantu menurunkan berat badan yaitu:

1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Nasi, sagu, singkong, kentang, atau jagung, merupakan makanan yang kaya kandungan karbohidrat. Saat mengurangi asupan karbohidrat, tingkat rasa lapar Anda biasanya akan turun. Hal ini akan membuat Anda mengkonsumsi kalori lebih sedikit. Berkurangnya konsumsi karbohidrat juga membuat tubuh mulai mengolah simpanan lemak di tubuh menjadi energi.

2. Konsumsilah protein, lemak sehat, dan sayuran

Makanlah dua sampai tiga kali sehari, dengan komposisi makanan yang mengandung protein, mengandung lemak sehat, dan sayuran rendah karbohidrat. Pola diet seperti ini dapat menurunkan asupan karbohidrat sekitar 20-50 gram sehari.

3. Berlatihlah angkat beban tiga kali seminggu

Melakukan latihan angkat beban membuat kalori terbakar lebih banyak, serta mencegah metabolisme tubuh melambat. Jika tidak suka melakukan latihan angkat beban, Anda juga bisa melakukan jalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang, untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Penuhi kebutuhan vitamin C

Menurut penelitian yang dipublikasikan tahun 2005, mencukupi kebutuhan vitamin C dapat meningkatkan oksidasi lemak tubuh selama seseorang menjalani latihan dengan intensitas sedang. Bahkan penurunan berat badan dan lemak tubuh dapat terhambat jika tubuh kita kekurangan vitamin C.

Pilihlah suplemen vitamin C jenis ester C untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh, seperti Holisticare Ester C yang lebih tidak perih di lambung.