Bahaya Suntik Vitamin C

Suntik vitamin C hingga saat ini menjadi tren masyarakat kelas menengah ke atas untuk mendapatkan kulit cerah dan halus secara instan. Di kalangan artis misalnya, sebagian dari mereka diketahui melakukan suntik vitamin C pada wajah. Dari informasi Kapanlagi, beberapa artis seperti Syahrini dan Olla Ramlan telah melakukannya. Mereka yang melakukan suntik vitamin C biasanya memiliki aktivitas yang sibuk dan pola konsumsi yang tidak teratur. Karena itulah nutrisi vitamin C untuk kulit mereka diberikan lewat suntikan dan dalam jumlah yang lebih banyak. Sebenarnya, apa manfaat suntik vitamin C itu sendiri?

Vitamin C berperan dalam menentukan kecerahan, kehalusan, dan kekenyalan kulit lewat proses sintesis kolagen. Vitamin C juga menghambat kerja enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen. Bila proses pigmentasi dihambat, otomatis kulit menjadi bersih dan cerah. Nah, pada dasarnya kecukupan vitamin C untuk kulit bisa dipenuhi secara normal dengan mengonsumsi sayur dan buah tertentu, atau mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun dengan kesibukan dan pola makan tadi, sangat sulit bagi kalangan tertentu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Makanya banyak orang yang mengambil jalan pintas lewat suntik vitamin C.

Suntik vitamin C bukanlah cara menyehatkan kulit secara holistic. Sebab, cara ini memiliki efek samping dan dampak jangka panjang terhadap tubuh. Dilansir dari Halosehat, suntik vitamin C memicu diare dan perut kembung akibat asam yang terkandung di dalamnya. Keseimbangan hormon tubuh juga akan terganggu dikarenakan proses masuknya vitamin C dilakukan lewat suntikan. Dari situ akan timbul perubahan fungsi rambut, pola tidur dan makan, serta keseimbangan tubuh.

Dampak suntik vitamin C secara jangka panjang akan memengaruhi fungsi ginjal. Ini terjadi karena vitamin C tertentu memiliki kandungan oksalat tinggi yang jika menumpuk akan menjadi batu ginjal. Lalu penyuntikan yang tidak dilanjutkan secara berkala akan membuat kecerahan kulit memudar, demikian juga pada kekenyalan dan kehalusannya. Menyuntik vitamin C juga tidak baik bagi penderita penyakit tertentu misalnya penderita kelebihan zat besi (hematokromatosis) karena vitamin C sendiri justru mempercepat penyerapan zat besi.

Untuk Anda yang ingin melakukan suntik vitamin C, sebaiknya pertimbangkan dulu dampak-dampak tersebut. Mengonsumsi buah dan sayuran dilengkapi dengan suplemen vitamin C lebih disarankan ketimbang melakukan cara instan ini.

Related Articles