Amankah Konsumsi Vitamin C Setiap Hari

Ada banyak pertanyaan tentang suplemen Vitamin C? Ragu untuk konsumsi Vitamin C setiap hari? Atau tidak yakin apakah tubuh Anda perlu Vitamin C? Disini kami akan menjawabnya bersama dokter.

Betul, tubuh kita memerlukan Vitamin C untuk berfungsi dengan normal. Tapi kapankah tubuh kita memerlukannya? Membantu menjaga daya tahan tubuh merupakan peran penting Vitamin C.

Vitamin C adalah jenis vitamin larut air, sehingga Vitamin C tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Vitamin C yang masuk akan diserap oleh tubuh sesuai kebutuhan, kemudian dibuang jika masih tersisa.1 Oleh karena itu, tubuh kita memerlukan asupan Vitamin C setiap hari.

Selain membantu jaga daya tahan tubuh, Vitamin C juga diperlukan untuk proses pembentukan kolagen, yang merupakan materi pembentuk tulang, kulit, pembuluh darah, dan banyak jaringan tubuh lainnya.

Namun ada kekhawatiran mengenai konsumsi Vitamin C setiap hari. Bersama Dokter Jennifer Kurniawan, Medical Marketing PT Indocare Citrapasific, kita akan menjawab beberapa kekhawatiran-kekhawatiran seputar konsumsi Vitamin C secara rutin.

Apakah minum Vitamin C setiap hari menyebabkan ketergantungan?

Konsumsi Vitamin C setiap hari sama sekali tidak menimbulkan ketergantungan pada tubuh seseorang.2 Jika tubuh terasa lemas atau daya tahan tubuh menurun ketika konsumsi suplemen Vitamin C dihentikan, bukanlah efek kecanduan. Kondisi ini menandakan kebutuhan Vitamin C tubuh tidak tercukupi.3

Apa Kata Dokter Jennifer :  “Tidak perlu takut konsumsi Vitamin C setiap hari, karena Vitamin C bukan termasuk zat adiktif yang dapat menimbulkan gejala ketergantungan atau kecanduan ketika dihentikan.”

Apa efek samping dari minum Vitamin C setiap hari?

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang diperlukan tubuh setiap hari, maka tubuh akan mendapatkan manfaat  dari suplemen Vitamin C seperti tubuh tidak mudah sakit, mengurangi risiko penyakit kronis karena mengandung antioksidan, meningkatkan tingkat penyerapan zat besi, dan beberapa penelitian menyebutkan vitamin c memiliki efek yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi.4

Namun jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan, maka efek samping paling sering terjadi adalah gangguan pencernaan.5

Apa Kata Dokter Jennifer: “Selama Vitamin C diminum dalam dosis yang dianjurkan, tidak ada efek samping yang timbul walaupun dikonsumsi setiap hari. Sebab tubuh tidak menyimpan kelebihan Vitamin C, dan akan mengeluarkannya lewat urine.”

Berapa dosis harian Vitamin C, dan batas aman dosis Vitamin C?

Banyaknya dosis Vitamin C yang diperlukan tubuh seseorang tergantung dari usia, kondisi tubuh, dan jenis kelaminnya. Berikut kebutuhan Vitamin C harian:

  • Pria dewasa: 90 miligram.
  • Wanita dewasa: 75 miligram.
  • Ibu hamil: 85 miligram.
  • Ibu menyusui: 120 miligram.
  • Anak-anak: 15 – 45 miligram.
  • Remaja pria: 75 miligram.
  • Remaja wanita: 65 miligram.

Sedangkan batas aman konsumsi Vitamin C setiap hari adalah:

  • Dewasa: 2000 miligram.
  • Anak-anak: 400 – 1200 miligram.
  • Remaja: 1800 miligram.6

Apa Kata Dokter Jennifer: “Menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi), kebutuhan Vitamin C sehari untuk orang dewasa adalah sekitar 75 sampai 90 miligram sehari. Namun pada saat tubuh membutuhkan tambahan suplementasi dari luar, Vitamin C masih aman dikonsumsi hingga batas aman 2000 miligram per hari.”

Apa yang terjadi jika overdosis Vitamin C?

Overdosis Vitamin C dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi Vitamin C diatas batas aman atau umumnya 2000 miligram per hari.7

Apa Kata Dokter Jennifer: “Tubuh memang memiliki mekanisme untuk mengeluarkan kelebihan Vitamin C dalam bentuk ekskresi urine. Namun apabila jumlah yang dikonsumsi terlampau banyak, akan menyebabkan kerja ginjal menjadi berat, gangguan pencernaan, mual, atau diare. Karena itu pemakaiannya harus mengikuti dosis yang disarankan.”

Apakah konsumsi Vitamin C setiap hari dapat melukai permukaan lambung?

Kebanyakan suplemen Vitamin C memang bersifat asam, sehingga berisiko melukai lambung. Namun ada juga jenis Vitamin C yang tidak bersifat asam, atau tingkat keasamannya mendekati air. Sehingga lebih tidak perih di lambung. Vitamin C jenis ini adalah Vitamin C dalam bentuk Ester atau sering disebut Ester C.8

Apa Kata Dokter Jennifer: “Bagi yang pernah menderita sakit lambung, Vitamin C memang dapat meningkatkan asam dan lebih beresiko melukai permukaan lambung. Penderita penyakit lambung juga disarankan untuk mengonsumsi jenis suplemen Vitamin C yang relatif tidak perih di lambung, dan mengikuti anjuran penggunaan. Sehingga tetap dapat memperoleh manfaat Vitamin C tanpa harus khawatir terkena sakit lambung.”

Apakah konsumsi Vitamin C setiap hari dapat merusak ginjal?

Oksalat adalah sisa metabolisme Vitamin C yang tidak diserap tubuh karena dosis berlebihan. Oksalat akan dikeluarkan tubuh melalui urine dan jika oksalat bertemu dengan kalsium akan berisiko membentuk batu ginjal.  Untuk meminimalisir risiko tersebut konsumsilah suplemen Vitamin C sesuai kebutuhan. Atau konsumsilah Vitamin C dalam bentuk Ester (Ester C) yang mengandung metabolit threonat, sehingga penyerapan Vitamin C lebih optimal dan meminimalkan sisa oksalat dalam urine.

Apa Kata Dokter Jennifer: “Konsumsi Vitamin C sesuai dosis yang dianjurkan tidak merusak ginjal. Sebab tubuh kita punya mekanisme ekskresi kelebihan Vitamin C dalam bentuk urine. Namun apabila dikonsumsi melebihi dosis anjuran, tentu bisa memiliki efek memberatkan kerja ginjal. Suplementasi Vitamin C (asam askorbat) juga tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal.”

Apakah konsumsi vitamin C setiap hari membuat saya gemuk?

Justru sebaliknya, hasil beberapa penelitian menyimpulkan bahwa Vitamin C dapat membantu kurangi timbunan lemak pada tubuh manusia. Johnston, C.S. menyatakan bahwa kandungan Vitamin C yang mencukupi akan bantu tubuh membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olahraga.

Seseorang yang kekurangan Vitamin C juga lebih kesulitan membakar tumpukan lemaknya daripada orang yang cukup mendapatkan asupan Vitamin C.9

Apa Kata Dokter Jennifer: “Tidak ada kaitan antara Vitamin C dengan kegemukan, karena yang dapat menyebabkan gemuk adalah makanan berkalori tinggi (makanan yang tinggi protein, tinggi karbohidrat, atau tinggi lemak).”

Kapan waktu paling baik untuk konsumsi vitamin C setiap hari?

Situs kesehatan healthline.com menganjurkan untuk mengonsumsi Vitamin C ketika perut dalam kondisi kosong, bisa 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan.10 Bahkan waktu terbaik untuk konsumsi Vitamin C adalah sebelum sarapan, karena belum ada asupan nutrisi lain yang menunggu giliran untuk diserap usus kecil.

Memang kebanyakan artikel kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi Vitamin C saat perut kosong untuk hindari risiko iritasi lambung. Karena kebanyakan suplemen Vitamin C berjenis asam askorbat, yang punya tingkat keasaman tinggi.11

Jika ingin mengikuti anjuran situs healthline.com, maka konsumsilah suplemen Vitamin C dalam bentuk Ester (Ester C) yang tidak bersifat asam.

Apa Kata Dokter Jennifer: “Tidak ada patokan tertentu, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Namun bagi yang pernah menderita sakit lambung, disarankan untuk meminumnya setelah makan. Sebaiknya diberikan juga jeda beberapa jam dari waktu tidur.”

Saya rajin makan buah yang mengandung Vitamin C, apakah saya masih harus konsumsi suplemen Vitamin C setiap hari?

Vitamin C mudah teroksidasi, terutama oleh panas. Karena itu kesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan dapat menghilangkan kandungan Vitamin C dalam buah-buahan. Kesalahan tersebut seperti memasak terlalu lama, atau terjemur matahari terlalu lama.12

Apa Kata Dokter Jennifer: “Dalam keadaan normal, rajin makan buah dan sayur sudah dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C. Tapi pada keadaan tertentu, kebutuhan Vitamin C kita dapat meningkat. Misalnya saat masa penyembuhan, rentan flu, masa hamil dan menyusui, makan tidak teratur, dan lain sebagainya. Di masa itulah kita membutuhkan asupan tambahan dari luar untuk memastikan kecukupan Vitamin C dalam tubuh.”

Jika sedang mengonsumsi obat, apa saya harus berhenti minum Vitamin C?

Kebanyakan suplemen Vitamin C bersifat asam (asam askorbat),  jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu (seperti antibiotik) dapat memperparah nyeri di lambung. Jika ingin tetap minum Vitamin C selama masa pengobatan, sebaiknya konsumsi Vitamin C yang tidak bersifat asam dan berbentuk Ester (Ester C).

Apa Kata Dokter Jennifer: “Tergantung jenis obat yang dikonsumsi. Secara umum, Vitamin C tidak memiliki interaksi dengan obat-obatan lain. Vitamin C malah sering diberikan sebagai suplemen tambahan karena berperan sebagai suportif atau penunjang penyembuhan, namun apabila memang sedang konsumsi obat-obatan tertentu yang beresiko menyebabkan nyeri lambung, penggunaan vitamin c harus dipertimbangkan risk dan benefitnya . Pada orang yang memang memiliki penyakit sistemik tertentu yang agak spesifik, sebaiknya penggunaan dikonsultasikan kembali dengan dokter.”

Apa semua produk Vitamin C aman diminum setiap hari?

Kondisi tubuh tiap orang berbeda-beda, sehingga reaksi terhadap Vitamin C pun tidak sama. Ada yang memiliki lambung tidak sensitif, namun ada pula yang memiliki lambung sensitif, seperti pada penderita maag, terutama pada Vitamin C yang bersifat asam.  

Apa Kata Dokter Jennifer: “Pada prinsipnya aman, selama dikonsumsi dalam dosis yang dianjurkan. Namun apabila pernah menderita penyakit lambung, disarankan mengonsumsi jenis Vitamin C yang memiliki efek iritasi minimal terhadap lambung.”

Apakah suplemen Vitamin C bisa dianggap obat?

Tujuan suplemen Vitamin C adalah untuk melengkapi kekurangan Vitamin C. Sedangkan obat bertujuan untuk menyembuhkan suatu penyakit dan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.13

Apa Kata Dokter Jennifer: “Suplemen Vitamin C bukanlah obat, melainkan zat nutrisi.”

Apa semua produk suplemen Vitamin C yang diizinkan BPOM sudah pasti halal? Apa yang membuat Vitamin C tidak halal?

Proses pembuatan yang berpotensi menjadikan suplemen Vitamin C tidak halal, yaitu proses mikrobial dan bahan pelapis suplemen. Jika proses mikrobial yang menggunakan media perkembangan berasal dari peptin babi, atau bahan pelapis suplemen menggunakan gelatin terbuat dari tulang atau kulit hewan yang tidak halal, maka suplemen Vitamin C tersebut tidak halal.14

Apa Kata Dokter Jennifer: “Suatu produk dinyatakan halal di Indonesia jika ada sertifikasi MUI. Lulus BPOM tidak menjamin suatu produk menjadi halal, karena tugas BPOM lebih kepada menilai keamanan zat yang terkandung dalam suatu produk. Vitamin C dapat menjadi tidak halal karena dalam proses pembuatannya menggunakan zat yang mengandung bahan tidak halal untuk dikonsumsi.”

Sampai kapan saya harus mengonsumsi Vitamin C?

Karena tubuh kita tidak memproduksi Vitamin C sendiri, maka kebutuhan akan vitamin ini akan terus ada seumur hidup kita.15

Apa Kata Dokter Jennifer: “Vitamin akan dibutuhkan selama kita hidup untuk memberikan nutrisi bagi tubuh supaya tetap sehat. Hanya untuk konsumsinya harus tetap memperhatikan dosis, usia, dan kondisi spesifik lain jika ada.”

Jika saya rajin minum Vitamin C lalu tiba-tiba berhenti, apa yang akan terjadi?

Kebutuhan Vitamin C akan terus ada. Jika suplementasi Vitamin C dihentikan, sebaiknya pastikan kualitas Vitamin C dalam makanan itu baik.

Apa Kata Dokter Jennifer: ”Tidak akan timbul efek samping yang berkaitan dengan ketergantungan atau kecanduan, jika berhenti mengonsumsi Vitamin C. Hanya saja, tubuh tidak lagi mendapatkan manfaat baik Vitamin C untuk kesehatan.

Referensi:

1 https://www.healthline.com/health/best-time-to-take-vitamins#watersoluble-vitamins
2 http://www.fitnessformen.co.id/article/10/2017/4828-Rutin-Minum-Vitamin-C-Bikin-Ketagihan-Benarkah
3 https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2730795/benarkah-suplemen-vitamin-bisa-membuat-kecanduan
4 https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits#section9
5 https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-too-much-vitamin-c#section2
6 https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/
7 https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-too-much-vitamin-c#section2
8 https://holisticare.co.id/apa-itu-vitamin-c/
9 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15930480
10 https://www.healthline.com/health/best-time-to-take-vitamins
11 https://holisticare.co.id/bolehkah-minum-vitamin-c-saat-perut-kosong/
12 https://holisticare.co.id/vitamin-c-dari-buah-dan-sayur-bisa-berkurang-atau-habis/
13 https://holisticare.co.id/perbedaan-suplemen-dengan-obat/
14 https://holisticare.co.id/ada-suplemen-tidak-halal-kenapa-sih-bisa-beredar/
15 https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932