Alasan Untuk Cinta Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah bukan hanya menjadikan tempat tinggal enak dilihat saja. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan penghuni, ketika tempat tinggalnya bersih. Apa saja?

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C. Untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat menghadapi infeksi virus dan bakteri, konsumsilah suplemen Vitamin C setiap hari. Pilihlah suplemen Vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung dan mampu bertahan 24 jam di dalam tubuh.

6 Manfaat Membersihkan Rumah

Manfaat membersihkan rumah yang biasa kita ketahui adalah tempat tinggal menjadi bebas dari debu, kotoran, bahkan kuman, yang bisa menyebabkan penyakit. Tapi ternyata ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan dari membersihkan rumah.

1. Menurunkan stres

Selain berlibur, ada cara lain untuk meredakan stres yaitu membersihkan rumah. Tidak percaya? Sebuah penelitian tahun 2009 menemukan bahwa wanita dengan kadar hormon kortisol tinggi (hormon stres), mengakui bahwa rumah mereka tidak rapi. Kebalikannya, wanita yang bahagia dan nyaman biasanya memiliki rumah yang lebih tertata rapi. Artinya, kadar hormon stres wanita ternyata ada hubungannya dengan kondisi tempat tinggalnya.

2. Membuat tubuh lebih aktif

Ada pendapat yang mengatakan, terlalu sering di rumah bisa membuat tubuh kurang gerak. Tapi walaupun sering di rumah Anda juga bisa membuat tubuh tetap aktif, dengan cara sering membersihkan rumah. Merapikan rumah memang tidak bisa membakar kalori sebanyak olahraga, namun tetap lebih baik dibandingkan hanya rebahan di sofa.

3. Lebih produktif

Rumah tidak rapi membuat para penghuninya sulit menemukan sesuatu, sehingga pekerjaannya dapat terhambat. Hal ini penting ketika Anda sedang bekerja dari rumah. Sebaliknya ketika rumah tertata rapi dan bersih, para penghuni rumah dapat menemukan sesuatu yang ia butuhkan dengan mudah, dan pekerjaan pun lebih cepat diselesaikan.

4. Tidur lebih nyenyak

Sebuah survei yang dilakukan National Sleep Foundation menemukan fakta bahwa, hanya dengan merapikan kasur di pagi hari kita dapat meningkatkan kemungkinan untuk tidur nyenyak di malam harinya sebesar 20 persen. Apalagi jika Anda membersihkan kamar dan rumah.

5. Memilih makanan lebih sehat

Sebuah penelitian tahun 2013, yang dipublikasikan Psychology Science, menyatakan bahwa orang yang bekerja pada ruangan tertata rapi dan bersih memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk memilih buah apel daripada cokelat, dibandingkan dengan orang yang bekerja di ruangan berantakan.

6. Lebih jarang jatuh sakit

Rumah yang bersih dan rapi tentu memiliki debu, zat alergen, kuman, virus, dan bakteri lebih sedikit, dibandingkan rumah yang kotor dan berantakan. Jadi jika ingin membuat anggota keluarga jarang sakit, bersihkanlah rumah secara rutin. Selain membersihkan rumah, kita sebaiknya juga memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin C, seperti Holisticare Ester C, secara rutin.

Ini Beberapa Tips Yang Bisa Diikuti

Ada beberapa tips bersih-bersih rumah yang bisa kita terapkan, yaitu:

  • Garasi: Keluarkan semua barang-barang dari dalam garasi dan mulailah mengelompokkan barang. Manfaatkan dinding garasi untuk menyimpan barang-barang tersebut, dan mengumpulkan barang yang tidak berguna lagi.
  • Lemari pakaian: Bingung untuk memulainya? Mulailah merapikan lemari dengan mengelompokkan pakaian berdasarkan warna dan modelnya.
  • Kamar mandi: Gunakan dinding dan pintu kamar mandi untuk tempat penyimpanan.
  • Dapur: Saat merapikan makanan dan peralatan dapur, usahakan agar keduanya mudah untuk disimpan dan diambil.
  • Kamar anak: Langkah pertama merapikan kamar anak adalah, menentukan sebuah area dalam kamar untuk menempatkan semua barang-barang anak. Contohnya seperti mainan, buku, boneka, dan lainnya. Hal ini memudahkan kita untuk merapikannya di kemudian hari.
  • Barang dan pakaian tidak digunakan: Setelah membersihkan seluruh rumah, kumpulkanlah semua barang dan pakaian yang masih layak namun sudah tidak digunakan. Lalu? Anda bisa menjualnya. Atau yang lebih mulia, Anda bisa memberikannya pada pihak-pihak yang membutuhkan.