Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin? - Holisticare Ester C
Holisticare Logo
Back to Article

Daya Tahan Tubuh

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin?

Vitamin merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Mereka berperan dalam metabolisme, daya tahan tubuh, kesehatan mental dan pencegahan berbagai gejala penyakit. Anda bisa mendapatkan vitamin secara alami dari sumber makanan dan sinar matahari, namun suplementasi juga dapat dikonsumsi terutama bagi mereka dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil dan lansia. Namun kapan sih minum vitamin yang tepat?

Beda Jenis Vitamin, Beda Cara Minum

Tidak semua jenis vitamin sama, dan ini berpengaruh pada cara mengonsumsinya. Tubuh membutuhkan sedikitnya 13 vitamin yang berbeda; 9 dari mereka bersifat larut air dan 4 bersifat larut lemak. 

Vitamin larut air

Vitamin larut air, akan diserap bersamaan dengan air dalam tubuh. Karena sifatnya ini, Anda bisa minum vitamin-vitamin di bawah dengan perut kosong, pada pagi maupun malam hari.

Vitamin B: Jenis vitamin B termasuk folat, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, B6, B12. Banyak dijumpai di kacang-kacangan, susu dan turunannya, daging dan salmon. Vitamin B berfungsi dalam menjaga metabolisme, energi dan fungsi otak. Vitamin B dalam suplementasi dapat diminum saat pagi hari setelah bangun atau sebelum tidur di malam hari. Namun tidak sedikit kasus yang mengalami gangguan tidur setelah minum vitamin B. Jika Anda mengalami gangguan tersebut, mengonsumsinya pada pagi hari adalah pilihan tepat. 

Vitamin C: dua jenis yang paling umum ialah ascorbic acid dan Ester-C. Vitamin C dapat bersumber dari brokoli, strawberi, kentang. Ascorbic acid adalah jenis vitamin C murni yang paling banyak dijumpai di suplementasi. Komponen asamnya dapat mengganggu sistem pencernaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki masalah asam lambung. Sehingga tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya dengan perut kosong, berbeda dengan Ester-C yang lebih sedikit kandungan asamnya. 

Seperti ester-C dalam Holisticare Ester-C 1000 yang memiliki pH netral sehingga lebih tidak perih di lambung. Holisticare Ester-C 1000 juga dapat bekerja selama 24 jam dalam tubuh untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. 

Vitamin larut lemak

Agar penyerapan vitamin larut lemak optimal, konsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak. Tidak ada regulasi ajek terkait kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Selama Anda tidak mengalami gangguan tidur, vitamin-vitamin di bawah ini dapat dikonsumsi pada pagi maupun malam hari. 

Vitamin A: dapat dijumpai pada minyak hati ikan dan berfungsi untuk kesehatan gigi, kulit dan jaringan lunak. 

Vitamin D: bisa dijumpai pada salmon, tuna, susu dan daging merah. Fungsinya untuk meningkatkan kepadatan tulang (BMD). 

Vitamin E: dapat dijumpai pada kacang almon dan bayam, membantu menjaga kesehatan kulit dan mata. 

Vitamin K: bersumber pada sayuran seperti brokoli, bayam dan pakcoy, berfungsi untuk membekukan darah agar luka cepat sembuh. 

 

Ditinjau oleh: dr. Putri Wulandari


Related Article


Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.
Testing
Holisticare - Facebook Holisticare - Instagram Holisticare - Twitter Holisticare - Youtube