Vitamin C Bisa Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos?
Holisticare Logo
vitamin c bikin gemuk
Back to Article

Diet & Nutrisi

Vitamin C Bisa Bikin Gemuk, Fakta Atau Mitos?

Vitamin C bikin gemuk. Apa betul? Padahal vitamin ini merupakan zat gizi yang cukup populer bila dibandingkan dengan vitamin lainnya. Vitamin C bahkan menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat karena khasiatnya telah dikenal luas sebagai nutrisi untuk melindungi daya tahan tubuh dan menyehatkan kulit. Tak heran, begitu banyak produk suplemen vitamin C yang beredar di pasaran.

Di tengah populernya vitamin C tersebut, ada juga segelintir orang yang ragu mengonsumsi vitamin C dengan berbagai alasan. Ada satu alasan yang cukup menarik dimana konsumsi vitamin C ternyata dapat memicu badan menjadi gemuk. Sebab, vitamin C dianggap dapat menambah nafsu makan seseorang. Namun benarkah demikian?

Vitamin C Bikin Gemuk? Mitos!

Anggapan vitamin C yang dapat memicu kenaikan berat badan sebenarnya hanyalah mitos. Vitamin C tidak memiliki pengaruh terhadap kenaikan berat badan. Berikut beberapa pembuktian yang dikutip dari dokter maupun jurnal ilmiah.

  1. Johnston, C.S dalam Journal of the American College of Nutrition menyatakan bahwa orang-orang dengan kandungan vitamin C yang mencukupi pada tubuhnya akan dapat membakar lemak 30 persen lebih banyak saat melakukan olah raga (moderate) dibandingkan mereka dengan kondisi kandungan vitamin C tubuh yang lebih rendah. Jadi, olahraga akan lebih efektif membakar lemakjika tubuh memiliki cukup vitamin C.
  2. Natasha Turner, ND, penulis Chatelaine, mengatakan bahwa lemak di perut dan pinggul dapat disingkirkan dengan konsumsi vitamin C. (Dikutip dari Vemale)
  3. Vitamin C punya kemampuan mengontrol kadar gula dalam darah sehingga menjaga tubuh tetap langsing. (Jurnal Adv. Pharmacol Sci.)
  4. Obat Diabetes Mellitus dapat bekerja dengan maksimal bila bersinergi dengan vitamin C. ((Jurnal Adv. Pharmacol Sci.)
  5. Penelitian oleh departemen nutrisi di Arizona State University menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C dalam kadar rendah tidak mampu menghilangkan lemak seefisien orang yang mengonsumsi vitamin C dengan kadar yang mencukupi. (dikutip dari Amazine)

Kelima pembuktian tadi justu menunjukkan hal yang sebaliknya. Vitamin C diketahui bisa memicu penurunan berat badan lewat efektifitas pembakaran lemak, juga penurunan kadar gula dalam darah. Kabar yang menggembirakan untuk Anda yang sedang melakukan diet.

Meskipun terbukti membantu menurunkan berat badan, perlu dicatat bahwa vitamin C bukanlah untuk disalahgunakan sebagai suplemen diet. Sebab, konsumsi vitamin C yang tidak teratur dan berlebihan akan sangat berisiko. Konsumsilah vitamin C dengan dosis tepat namun rutin dilakukan, agar kecukupan vitamin C Anda tetap stabil.


Related Article


Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.
Testing
Holisticare - Facebook Holisticare - Instagram Holisticare - Twitter Holisticare - Youtube