Polusi Udara Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Hasil sebuah penelitian, polusi udara berpotensi mengganggu daya tahan tubuh. Untuk kita yang hidup di perkotaan, sangat perlu bantu jaga daya tahan tubuh, dengan asupan Vitamin C.

Daya Tahan Tubuh Terganggu Akibat Polusi Udara

Udara yang tercemar adalah masalah klasik yang sering dibahas dalam berbagai konferensi tingkat dunia. Masalah ini memang selalu dianggap serius karena menyangkut kehidupan orang banyak.

Beberapa penelitian mengungkapkan pengaruh polusi udara terhadap sistem daya tahan tubuh:

1. Menyebarnya peradangan.

Menurut penelitian Ohio State University, menghirup polusi udara juga bisa menyebabkan peradangan yang menyebar dalam tubuh. Sebab polusi udara memicu pelepasan sel-sel darah putih, dari sumsum tulang ke dalam aliran darah. Sel darah putih sendiri merupakan komponen sistem kekebalan tubuh.

Mengalirnya sel-sel darah putih bisa mengubah keutuhan pembuluh-pembuluh darah. Kemudian sel-sel darah putih diserap ke dalam jaringan-jaringan lemak, dimana zat-zat kimia dilepaskan. Proses inilah yang menyebabkan peradangan.

2. Menekan kerja sel pengatur sistem kekebalan tubuh.

Pada penelitian lain, yang dilakukan oleh Stanford University dan University of California, terungkap bahwa paparan polusi udara menekan sel-sel T yang mengatur sistem daya tahan tubuh. Sel-sel T bertugas untuk mengerem sistem kekebalan tubuh agar tidak bereaksi terhadap zat non-patogen.

3. Mengganggu proses produksi imunoglobulin.

Sebuah penelitian lainnya juga menyatakan bahwa menghirup polusi udara dapat mengganggu kerja sebuah komponen sistem kekebalan tubuh, yaitu sel-sel B. Fungsi dari sel B adalah memproduksi imunoglobulin, yang bertugas membasmi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Dengan Vitamin C

Untuk membantu jaga daya tahan tubuh, kita memerlukan asupan Vitamin C. Kenapa? Karena daya tahan tubuh melindungi kita dari berbagai jenis penyakit.

Memang apa saja fungsi Vitamin C bagi daya tahan tubuh? Ada empat fungsinya, yaitu:

1. Meningkatkan kinerja sel natural killer.

Natural killer (NK) ini merupakan salah satu bagian alami sistem daya tahan tubuh. Vitamin C akan mengaktifkan sel-sel NK sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki pelindung ekstra dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja sel-sel NK ialah dengan mengkonsumsi Vitamin C secara rutin.

2. Mendukung fungsi neutrofil.

Neutrofil merupakan sejenis sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi penyakit dan menghancurkan bakteri. Salah satu cara untuk mendukung neutrofil bekerja dengan baik adalah rutin mengkonsumsi Vitamin C, yang membantu neutrofil dalam membunuh dan menangkal serangan dari virus serta bakteri buruk dalam tubuh.

3. Mempertahankan jumlah limfosit.

Limfosit merupakan jenis sel darah putih yang bertanggung jawab untuk merespon imun ketika virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Jika jumlah limfosit menurun, maka kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan turut berkurang. Agar jumlah limfosit tidak menurun, kita butuh asupan Vitamin C yang cukup. Sebab Vitamin C akan bantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri penyakit.

4. Tingkatkan kerja imunoglobulin.

Imunoglobulin merupakan protein yang diproduksi tubuh untuk bantu melawan zat asing di dalam tubuh. Ketika seseorang sakit, tubuh akan menghasilkan imunoglobulin untuk melawan penyakit tersebut. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kerja imunoglobulin ialah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C tubuh.

Pilihlah jenis Vitamin C Ester C yang memiliki kadar keasaman mendekati netral, seperti Holisticare Ester C, sehingga lebih tidak perih di lambung dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Referensi:

https://www.enn.com/articles/42600-breathing-polluted-air-can-disrupt-immune-system

https://news.berkeley.edu/2010/10/05/asthma/

https://alternative-health-concepts.com/can-polluta-in-the-environment-disrupt-immune-function/