Setiap orang yang bergerak adalah orang yang melakukan olahraga. Jadi olahraga adalah suatu aktivitas gerak tubuh. Hakikatnya pengertian olahraga menurut para ahli adalah suatu aktivitas untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani atau pun rohani.

Olahraga dikatakan cukup dan merupakan olahraga untuk kesehatan dan kebugaran apabila mencapai target 150 menit dalam waktu 5 hingga 7 hari dalam waktu terbagi (Misal 30 menit per hari). Lebih dari itu, olahraga adalah kegiatan yang yang “menyiksa” tubuh. Tubuh dipaksa bekerja keras, otot-otot berkontraksi, jantung berdegup kencang dan timbul keringat sebagai fungsi pendinginan.

Apa korelasi antara olahraga dan Vitamin C?

Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan tubuh memproduksi banyak radikal bebas, sehingga mempercepat kerusakan sel. Apalagi ditambah kita berolahraga di luar rumah yang secara tak sadar banyak polutan di sekitar kita. Dengan mengonsumsi vitamin C, radikal bebas yang diproduksi akan ditangkal lewat efek antioksidan yang dihasilkan dari vitamin C tersebut.

Selain itu, vitamin C mempercepat pemulihan jaringan ikat (otot, tulang dan sendi) yang “disiksa” selama berolahraga dengan membantu pembentukan kolagen, yang merupakan pembentuk utama dari jaringan ikat tersebut.

Menurut Journal of the American College of Nutrition tahun 2005, seseorang dengan kadar vitamin C yang cukup di dalam tubuh,dengan disertai olahraga dapat membakar lemak 30% lebih banyak dibanding dengan seseorang yang kadar vitamin C nya kurang di dalam tubuh.

Vitamin C dapat kita peroleh dari buah atau sayur. Apabila makanan yang kita makan tidak cukup vitamin C karena kurangnya asupan, maka kemungkinan besar terjadi kekurangan vitamin C yang menyebabkan tubuh kurang bertenaga saat olahraga dan pemulihan yang lama pasca berolahraga. Kita dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Bagaimana Memaksimalkan Vitamin C dengan Olahraga?

Untuk memaksimalkan ini, Anda bisa mengonsumsi vitamin C sebelum berolahraga. Keadaan yang ideal adalah minum vitamin C dipagi hari setelah bangun kemudian olahraga 30 menit. Olahraga dengan lambung yang belum terisi makanan akan membuat weight loss due to fat burned dimana energi yang kita bakar berasal dari makanan yang kita makan semalam. Namun, dampak yang kita khawatirkan dari konsumsi vitamin C di pagi hari adalah sifat asam vitamin C yang dapat membuat asam lambung meningkat dan mengiritasi lambung yang menyebabkan mulut terasa asam dan perut mual. Solusinya, pilihlah vitamin C yang berbentuk suplemen, bukan berbentuk Vitamin C murni. Pilih jenis suplemen vitamin C yang ber pH mendekati netral sehingga aman bagi lambung walau dikonsumsi pada saat perut kosong.

Kombinasi olahraga dan vitamin C dapat membuat anda bugar sepanjang hari yang membuat hari-hari anda produktif.

 

Ditinjau oleh:
dr. Anugerah, MKK
Praktisi Kesehatan Kerja