manfaat vitamin d

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Dengan bantuan sinar matahari, tubuh kita dapat memproduksi vitamin D sendiri. Apa yang membuat vitamin D penting bagi tubuh? Apa saja manfaat vitamin D untuk tubuh kita? Simak di artikel ini.

Vitamin D3 sering disebut juga cholecalciferol, berasal dari hewan seperti ikan berlemak (salmon, sarden, makarel), kuning telur, dan hati. Hal ini berbeda dengan Vitamin D2 (ergocalciferol), yang berasal dari tumbuhan jamur. Dibandingkan dengan Vitamin D2, Vitamin D3 dianggap lebih baik karena lebih alami dan efektivitasnya lebih baik.

Penyebab Kita Kekurangan Vitamin D

Vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri dengan bantuan sinar matahari. Di negara tropis dengan sinar matahari melimpah seperti Indonesia, seharusnya tidak ada orang yang kekurangan vitamin D.

Namun kenyataannya ada banyak masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar, yang menderita kekurangan Vitamin D. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang kekurangan Vitamin D yaitu:

  • Usia: Semakin tua usia seseorang, maka kadar vitamin D yang dapat dibentuk tubuh semakin berkurang.
  • Gaya hidup: Saat ini banyak orang lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, dan di dalam kendaraan, yang membuat tubuhnya jarang terkena sinar matahari
  • Luas permukaan kulit: Seberapa luas permukaan kulit yang terkena sinar matahari. Bagi kita yang suka menggunakan pakaian panjang tertutup, maka semakin sedikit pula luas kulit yang dapat terkena sinar matahari.
  • Warna kulit: Semakin gelap warna kulit, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk terpapar sinar matahari agar tubuh memproduksi vitamin D

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh

Meski diberi nama depan vitamin, Vitamin D sendiri bukanlah vitamin. Vitamin D adalah prohormon, atau zat sebelum hormon. Sedangkan vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Namun faktanya, tubuh kita bisa memproduksi vitamin D sendiri. Berikut ini manfaat Vitamin D bagi tubuh.

1. Membantu menjaga kesehatan tulang

Vitamin D berperan penting dalam mengatur kadar kalsium, dan kadar fosfor dalam darah. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tubuh kita memerlukan vitamin D untuk merangsang usus sehingga akan menyerap kembali kalsium yang seharusnya dikeluarkan oleh ginjal.

Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dapat memicu terjadinya pelunakan tulang (osteomalasia) dan osteoporosis.

2. Menurunkan resiko infeksi saluran pernafasan

Sebuah review medis menemukan fakta bahwa mengkonsumsi Vitamin D3 secara rutin dapat membantu menurunkan resiko terjadinya infeksi saluran pernafasan. Sebuah review yang lain juga menemukan fakta bahwa suplementasi vitamin D memiliki efek protektif terhadap infeksi saluran napas.

3. Menjaga kesehatan masa kehamilan

Review penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa wanita hamil yang kekurangan vitamin D dapat memiliki risiko lebih besar terkena preeklamsia dan melahirkan prematur.

4. Bantu menurunkan depresi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan penting mengatur suasana hati (mood), serta mencegah depresi. Dalam sebuah penelitian lain, pemberian suplemen vitamin D dapat meringankan gejala depresi pada penderitanya.

5. Bantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi suplemen vitamin D secara rutin ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan, atau mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa seseorang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang tidak, sebab Vitamin D memiliki efek penekan nafsu makan.

Vitamin D Dan Penderita Covid-19

Suplementasi Vitamin D ternyata juga dibutuhkan oleh para penderita Covid-19, sebab defisiensi vitamin D banyak ditemukan pada kebanyakan penderita Covid-19, termasuk yang mengalami gagal nafas akut.

Jika penderita Covid-19 mengalami kekurangan vitamin D maka resiko perburukan, keparahan gejala, hari rawat yang lebih panjang, serta kematian akan lebih tinggi. Cukupnya asupan vitamin D berpengaruh terhadap beratnya gejala Covid-19 yang dirasakan pasien. Konsumsi suplemen vitamin D juga bermanfaat untuk menurunkan resiko seseorang menderita gejala berat saat terkena Covid-19.

Bantu Dengan Suplemen Vitamin D

Bagi kita dengan gaya hidup yang menyebabkan kurangnya paparan sinar matahari, resiko tubuh kekurangan asupan vitamin D akan lebih besar. Apalagi di masa pandemi ini tubuh memerlukan vitamin D untuk membantu kerja sistem imun dengan sifat anti inflamasi dan imunoregulasinya.

Untuk bantu mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh, kita dapat mengkonsumsi suplemen vitamin D. Salah satunya adalah Holisticare D3-1000, suplemen yang dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin D secara cepat pada kondisi tertentu seperti lanjut usia, ibu hamil dan menyusui, resiko tinggi/penderita penyakit infeksi atau penderita penyakit autoimun.