main hujan

Saat hujan datang, anak-anak seringkali ingin terus melanjutkan aktivitas bermainnya meskipun basah kuyup. Tapi umumnya orang tua akan melarang anaknya untuk main hujan. Apa betul kehujanan dapat membuat kita jatuh sakit? Atau ada efek positifnya? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C lebih tidak perih di lambung, dan Vitamin C dengan 24 hours bioavailability. Holisticare Ester C juga tersedia untuk anak-anak dan dalam bentuk effervescent yang menyegarkan.

Dampak Dan Manfaat Main Hujan

Saat musim hujan datang, bukan hanya anak kecil saja yang ‘main hujan’, namun banyak orang dewasa yang rentan terguyur hujan saat beraktivitas. Ada anggapan bahwa terguyur air hujan dapat membuat seseorang jatuh sakit. Apa betul?

Basah karena kehujanan bukanlah faktor utama yang menyebabkan seseorang jatuh sakit. Namun turunnya suhu tubuh saat kehujanan yang membuat kita lebih rentan terinfeksi virus. Beberapa virus, termasuk rhinovirus penyebab pilek, dapat berkembang biak lebih baik pada suhu lebih dingin (33 hingga 35 derajat Celcius). Suhu tersebut dapat ditemukan pada rongga hidung.

Tapi membiarkan anak-anak bermain hujan tidak sepenuhnya berdampak negatif. Anak-anak dapat memetik manfaat positif dari bermain hujan. Apa saja?

  • Melatih kemampuan motorik dan fisik anak
  • Menstimulasi kreativitas dan imajinasi

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak jatuh sakit setelah anak-anak main hujan:

  • Keringkan rambut. Gunakan handuk untuk segera mengeringkan rambut usai basah terkena air hujan. Sebab rambut basah dapat memicu pusing serta pilek.
  • Mengganti baju kering. Segera mengganti pakaian basah dengan pakaian kering. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh tidak terus turun. Jika memungkinkan, mandilah dengan air hangat setelah kehujanan.
  • Konsumsi minuman atau makanan hangat. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, cobalah untuk mengkonsumsi minuman atau makanan hangat.
  • Lakukan gerakan peregangan. Sebab gerakan peregangan dapat membantu meningkatkan suhu tubuh, dan juga melancarkan aliran darah.

Jaga Daya Tahan Tubuhnya

Kehujanan ataupun tidak, di masa pandemi ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Sebab ancaman infeksi virus ada dimana-mana. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh, salah satunya adalah vitamin C.

Selain dari makanan, bila perlu kita bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin C anak dengan memberikan suplemen vitamin C anak setiap hari. Pilihlah suplemen vitamin C anak jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C Kids. Sebab Holisticare Ester C Kids lebih tidak perih di lambung dan mengandung pemanis alami yang membantu jaga kesehatan gigi anak. Hal ini membuat Holisticare Ester C Kids nyaman dikonsumsi setiap hari.

Related Articles