Lelah Setelah Bekerja? Ikuti 7 Cara Ini! - Holisticare
Holisticare Logo
Mengapa Kita Sering Lelah Setelah Bekerja
Back to Article

Dunia Kerja

Mengapa Kita Sering Lelah Setelah Bekerja

Lelah setelah bekerja adalah kejadian normal yang sering dialami pada fase hidup dewasa. Tetapi perasaan lelah setelah bekerja tidak selalu karena durasi bekerja yang lama atau kurang istirahat. Lalu apa saja hal lain yang mungkin jadi penyebab kamu terus-terusan lelah setelah bekerja? Apakah ada dampak seriusnya? Bagaimana mengatasinya? 

Tidak memiliki energi setelah pulang bekerja memang kedengarannya sangat sepele. Tapi sebenarnya jika terjadi secara terus-menerus kamu akan merasa nyaman dan menerima begitu saja. Bahwa itu adalah hal yang kamu harus lewati, yang harus dilalui oleh semua orang dewasa yang bekerja. 

Nyatanya, hal tersebut bisa sangat memengaruhi kehidupan kamu sepenuhnya. Lelah setelah bekerja tidak akan memberi kamu kesempatan untuk mengeksplorasi hal di luar pekerjaan seperti hubungan dengan teman atau keluarga, hobi baru, dan hal lainnya yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Dengan kata lain, kamu tidak akan memiliki kehidupan sosial seperti dulu lagi.

Untuk mengembalikan energi kamu setelah bekerja, kamu harus tahu penyebab kelelahan yang kamu alami. Berikut penyebab rasa lelah setelah bekerja yang mungkin kamu alami dan cara mengatasinya. 

1. Pekerjaan overload

Banyaknya tekanan pekerjaan tentu sangat menguras tenaga fisik bahkan psikis kamu. Jika kamu kewalahan bahkan lembur setiap hari, itu pertanda pekerjaan kamu sudah melebihi kapasitas. Cara melawannya adalah dengan mengatur skala prioritas dan mengerjakannya secara perlahan. Melakukan tugas yang lebih mudah mungkin juga akan membantu kamu.

2. Terlalu banyak screen time

Jika kamu bekerja seharian di depan komputer, otot mata hanya akan fokus ke satu objek saja yaitu layar komputer. Menatap layar komputer dalam waktu yang lama akan membuat otot mata cepat lelah sampai menimbulkan sakit kepala. Radiasi blue light pada elektronik  juga terbukti dapat membuat kamu lelah karena akan mengganggu kualitas tidur. Cara mudahnya, lakukan olahraga mata dengan berkedip secara berkala, gunakan kacamata antiradiasi, dan hanya gunakan komputer untuk hal-hal yang penting. 

3. Melibatkan pekerjaan fisik

Pekerjaan yang melibatkan banyak tenaga fisik akan membuat kamu cepat lelah, terutama jika tidak kamu imbangi dengan latihan fisik dan olahraga. Kamu bisa mengurangi rasa lelah dengan rajin berolahraga kardio karena jenis olahraga ini dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. 

4. Terlalu banyak interaksi 

Berinteraksi dengan banyak orang juga bisa membuat kamu lelah lho, apalagi jika kamu introvert, yang sumber energinya berasal dari diri sendiri. Cobalah untuk membatasi diri dengan menggunakan earphone atau bekerja di ruangan kosong. 

5. Konsumsi kafein dan gula berlebih

Kafein bekerja dengan cara memblokir adenosine atau hormon tidur sehingga kamu akan merasa terjaga setelah mengonsumsi minuman berkafein. Sementara gula memiliki efek sedatif (membuat mudah tidur), karena gula dapat menghambat orexin, zat kimia yang menstimulasi perasaan terjaga. Semakin tinggi gula yang kamu konsumsi, semakin kamu merasa mengantuk. 

6. Postur duduk yang salah

Postur tubuh seperti bungkuk akan membuat tubuh kelelahan karena penggunaan struktur tubuh yang tidak efisien. Otot akan bekerja lebih keras dan hal ini membutuhkan energi yang besar, dan akhirnya membuat kamu merasa lelah. Cobalah dengan ubah posisi duduk menjadi tegak atau gunakan sandaran bantal. 

7. Kekurangan vitamin B kompleks

Kelelahan adalah tanda awal kekurangan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks adalah sekumpulan vitamin yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Kekurangan vitamin-vitamin ini juga dapat memengaruhi produksi sel darah merah yang sehat sehingga memicu anemia. Dapatkan manfaat vitamin B kompleks pada makanan tinggi vitamin B seperti salmon, daging sayuran hijau termasuk bayam dan selada, telur, hingga susu. 

Bila perlu konsumsi Holisticare Fit, suplemen dengan kandungan utama Vitamin B Complex agar ketahanan tubuh tetap fit untuk memperjuangkan mimpi kamu. Holisticare Fit juga mengandung Ester-C yang pas untuk kamu dengan masalah kesehatan lambung, karena bersifat lebih tidak perih di lambung. 

 

Ditinjau oleh: dr. Putri Wulandari


Related Article


Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.
Testing
Holisticare - Facebook Holisticare - Instagram Holisticare - Twitter Holisticare - Youtube