Kaki yang kuat dan kencang adalah dambaan setiap orang. Jika ingin mendapatkan bentuk otot kaki yang bagus, ada  beberapa latihan terbaik yang dapat Anda ikuti. Para ahli menyatakan bahwa seseorang harus melakukan banyak jongkok dan lompat eksplosif untuk mendapatkan kaki yang kencang dan kuat.
 
Menurut Domnic Dhillon, seorang pelatih gym, “Perempuan harus latihan selama 15 menit di atas treadmill untuk menghangatkan suhu tubuh, 10 menit menggunakan sepeda statis, dan 50-60 kali squat (jongkok bangun) dapat disusul kemudian.”
 
Jika Anda berolahraga di gym, maka inilah beberapa latihan terbaik yang harus Anda ikuti untuk membentuk kaki Anda hanya dalam 7 hari:
 

Latihan Otot Kaki 1: Squats Jumps (jongkok bangun)

Banyak wanita lebih memilih untuk melakukan squat jumps secara teratur karena cara ini tidak hanya membentuk kaki Anda, tetapi juga membantu mengencangkan bokong Anda. Squats harus dilakukan selama 15 menit untuk mendapatkan bentuk paha depan dan paha belakang Anda.
 

Latihan Otot Kaki 2: Back Lunges (Menekuk lutut ke belakang)

Back Lunges juga cara yang baik untuk membentuk sekaligus menguatkan otot kaki. Gerakan ini diawali dengan berdiri tegap, melangkahkan satu kaki ke belakang, menekuknya, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi setidaknya 20 kali dengan kaki yang bergantian.
 

Latihan Otot Kaki 3: Front Lunges (Menekuk lutut ke depan)

Saat melakukan latihan ini, cari tumpuan untuk tangan hingga kedua tangan Anda membentuk sudut sekitar 90 derajat ke belakang. Tekuk juga kedua lutut Anda hingga 90 derajat, naikkan, dan turunkan. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan paha kencang dan kuat. Namun, latihan ini harus dilakukan hanya tiga kali dalam seminggu secara berselang-seling karena jika terlalu rutin akan mempengaruhi punggung Anda.
 

Latihan Otot Kaki 4: Angkat Beban

Angkat beban sangat cocok untuk mendapatkan tubuh yang berotot. Namun angkat beban disini bukanlah dilakukan dengan mengayunkan tangan, melainkan dengan lutut. Pertama-tama, sesuaikan berat beban yang cocok untuk Anda. Angkatlah beban dengan tangan hingga ke atas kepala dalam posisi berdiri tegap. Tekuk lutut perlahan hingga jongkok, bangun kembali ke posisi semula. Lakukan terus menerus selama 20 menit. Latihan ini berdampak baik untuk membentuk betis dan paha belakang.
 

Latihan Otot Kaki 5: Lompat Eksplosif

Jika Anda ingin mendapatkan kaki yang kuat dan kencang, inilah yang perlu Anda lakukan. Naiklah ke trampolin, dan lakukan lompat eksplosif. Lompatlah setinggi mungkin. Ketika Anda melompat, rentangkan tangan Anda ke atas, lalu rapatkan kaki dan kepalkan jari Anda ketika mendarat. Lakukan latihan ini selama 15 menit per hari dalam seminggu.
Related Articles