Kurang Tidur Ternyata Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Kesibukan seringkali membuat kita mengabaikan waktu tidur yang cukup, sehingga membuat kita kurang tidur. Padahal, manusia memerlukan waktu tidur yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima dan untuk mengisi kembali tenaga yang sudah terkuras saat beraktivitas.

Tidur juga akan membuat kita merasa lebih baik, karena tubuh terasa segar setelahnya. Pada saat tidur, tubuh akan mengganti sel-sel yang tidak diperlukan secara alami. Kurang tidur bisa membawa beberapa dampak negatif bagi tubuh.

Kurang Tidur Mengurangi Daya Tahan Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan lebih mudah jatuh sakit, saat terpapar virus. Kurang tidur juga mempengaruhi seberapa lama masa penyembuhannya.

Sebab saat tidur, sistem kekebalan tubuh melepas protein sitokin. Protein ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Beberapa jenis sitokin perlu ditingkatkan jumlahnya ketika tubuh mengalami infeksi atau peradangan. Saat kita kekurangan waktu tidur, maka produksi sitokin akan berkurang. Jadi, tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup untuk melawan penyakit.

Singkatnya, respon dan fungsi sistem kekebalan tubuh akan menurun jika kita kurang tidur. Jumlah imunoglobulin yang dihasilkan pun akan menurun, jika jumlah jam tidur kita tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Perkuat Daya Tahan Tubuhmu Dengan Vitamin C

Immune system disorder adalah kondisi ketika daya tahan tubuh tidak mampu melawan antigen atau zat berbahaya seperti bakteri, virus, racun, atau sel kanker. Cukup tidaknya jumlah Vitamin C yang dibutuhkan tubuh, akan mempengaruhi kemampuan daya tahan tubuh kita.

Apa sih fungsi Vitamin C untuk sistem daya tahan tubuh? Berikut keempat fungsinya:

  • Mendukung fungsi neutrofil, yang berfungsi melawan infeksi penyakit dan menghancurkan bakteri. Rutin mengkonsumsi Vitamin C dapat membantu neutrofil dalam membunuh dan menangkal serangan dari virus serta bakteri buruk.
  • Tingkatkan kerja imunoglobulin, yang merupakan protein yang diproduksi tubuh untuk bantu melawan zat asing di dalam tubuh. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kerja imunoglobulin ialah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C tubuh.
  • Mengaktifkan kinerja sel natural killer (NK). Konsumsi Vitamin C secara rutin akan mengaktifkan sel-sel NK, sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki pelindung ekstra dari berbagai penyakit.
  • Mempertahankan jumlah limfosit. Jika jumlah limfosit menurun, maka kemampuan tubuh dalam melawan infeksi akan turut berkurang. Vitamin C juga bantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri penyakit.

Pilihlah jenis Vitamin C Ester C yang memiliki kadar keasaman mendekati netral, seperti Holisticare Ester C, sehingga lebih tidak perih di lambung dan aman untu k dikonsumsi secara rutin.

Waktu Tidur Ideal

Manusia memiliki waktu tidur ideal yang berbeda-beda, tergantung dari usia mereka. Berikut waktu tidur ideal berdasarkan usia:

  • Dibawah 12 bulan: 14 – 17 jam sehari.
  • 12 bulan sampai 2 tahun: 10 jam tidur malam dan 4 jam tidur siang.
  • 2 tahun sampai 3 tahun: 11 – 12 jam tidur malam dan 1 – 2 jam tidur siang.
  • 3 tahun sampai 5 tahun: 10 – 13 jam sehari.
  • 6 tahun sampai 5 tahun: 9 – 11 jam sehari.
  • 14 tahun sampai 17 tahun: 8 – 10 jam sehari.
  • Dewasa: 7 – 9 jam sehari.

Tips Tidur Nyenyak Setiap Hari

Ada beberapa tips agar Anda bisa menikmati tidur nyenyak setiap hari yaitu:

  • Kurangi paparan cahaya saat waktu tidur tiba, khususnya cahaya biru yang bisa berasal dari layar gadget, laptop, atau komputer Anda.
  • Hindari konsumsi kafein, enam jam sebelum waktu tidur.
  • Cobalah untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama secara konsisten.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.
  • Jangan makan besar terlalu malam.
  • Lakukan olahraga secara rutin, tapi jangan berdekatan dengan waktu tidur

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/expert-answers/lack-of-sleep/faq-20057757

https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/immune-system-lack-of-sleep#1