Khasiat-Kurma-Muda-Untuk-Ibu-Hamil

Bingung memilih camilan sehat saat masa kehamilan? Banyak sumber makanan yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama mengandung calon buah hati. Salah satunya yaitu kurma muda. Apa sih khasiat kurma? Kurma muda memiliki rasa yang lebih segar dibandingkan dengan kurma matang. Kandungan gula di dalamnya pun tidak sebanyak kurma matang, sehingga tidak memberikan asupan kalori berlebih.

Ini Dia Khasiat Kurma Untuk Ibu Hamil

Meski kalorinya lebih sedikit, buah yang satu ini kaya akan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan ibu hamil sekaligus membantu pertumbuhan janin dalam kandungan. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang berbagai khasiat kurma muda untuk ibu hamil!

Khasiat Kurma 1: Mencegah Anemia

Tahukah kamu? Wanita hamil lebih rentan mengalami anemia karena adanya peningkatan kebutuhan zat besi seiring pertumbuhan janin. Gejalanya bisa terlihat dari wajah yang pucat, tubuh yang lemas, serta sering merasa pusing atau sakit kepala.

Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa memperbanyak konsumsi kurma muda, karena buah ini merupakan sumber asupan zat besi dan asam folat yang penting dan dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

Khasiat Kurma 2: Mencegah Kelainan pada Janin

Asam folat yang terkandung dalam kurma muda pun baik untuk perkembangan otak janin serta mencegah bayi lahir dengan kelainan. Asam folat juga penting untuk mengurangi risiko preeklampsia di masa kehamilan atau kondisi tekanan darah tinggi yang bisa memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya.

Khasiat Kurma 3: Melancarkan Pencernaan

Ibu hamil juga sering mengalami sembelit yang dikarenakan peningkatan hormon progesteron yang berdampak pada melambatnya gerak usus ibu hamil, sehingga pencernaan jadi terganggu. Nah, untuk mengatasi keluhan ini, cobalah untuk rajin mengonsumsi buah kurma muda karena kandungannya kaya akan serat sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.

Khasiat Kurma 4: Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Kurma muda juga kaya akan potasium. Ibu hamil yang kekurangan potasium biasanya mengalami edema atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti pada bagian tangan atau pergelangan kaki yang disebabkan ketidakseimbangan akumulasi cairan di dalam jaringan tubuh. Kekurangan potasium juga bisa menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah dan sering mengalami kram otot.

Itulah beberapa manfaat kurma muda yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Selain pada masa kehamilan, kurma muda juga baik untuk dikonsumsi saat menyusui karena kandungannya dapat membantu meningkatkan produksi ASI.