Banyak orang yang khawatir akan keadaan jantung mereka dan sangat takut akan terkena penyakit jantung yang kronis dan mengagetkan ini. Penyakit jantung yang merupakan ‘silent killer’ bagi penderitanya ini hampir tidak memiliki gejala awal namun menyebabkan kematian. Beberapa orang yang terlihat sehat, terkadang ditemukan telah menderita penyakit jantung akut. Jadi, mulailah menerapkan hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantungmu dengan cara-cara berikut ini.

Lakukan Diet Khusus

Diet khusus yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertention (DASH) merupakan pola makan yang membantu menjaga jantung. DASH berarti mengonsumsi makanan yang rendah lemak, kolesterol, dan garam. Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak ini juga bisa membantu jaga jantung. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3, seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna yang bisa menurunkan risiko aritmia jantung dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika ingin mengonsumsi cokelat, pilihlah dark chocolate yang mampu memberikan asupan asam stearat dan magnesium yang diperlukan tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat hingga menyehatkan jantung.

Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Timbunan plak dan karang gigi bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri pada rongga mulut yang bisa menyebabkan kerusakan di seputaran rongga mulut dan organ tubuh lainnya seperti jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Sydney Dental Hospital tahun 2006 menyatakan bahwa periodintitis atau peradangan pada gigi bisa meningkatkan protein c-reaktif dan aktivitas trombolitik yang meningkatkan penggumpalan darah sehingga bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Olahraga Secara Rutin

Menjaga kesehatan jantung tidak hanya dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga yang tepat juga bisa membantu  menjaga jantung agar tetap sehat. Lakukan olahraga ringan selama 75-150 menit setiap minggunya secara rutin untuk jantung yang sehat. Berjalan santai, atau pun jalan cepat merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setiap pagi. Pancaran sinar matahari pagi membantu mengubah pro vitamin D di kulit menjadi vitamin D yang membantu mengurangi pembentukan plak dalam pembuluh darah.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Memberikan waktu untuk tubuh beristirahat adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Hasil penelitian dari The Journal of the American Medical Association pada 495 orang dewasa menunjukkan bahwa jumlah orang yang mengalami pengapuran arteri bisa diturunkan 1 dari 10 orang dengan tidur yang cukup, yaitu 6-7 jam sehari. Kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan jantung dan berisiko dua kali lipat terkena serangan jantung.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam mencegah Artheroclerosis yaitu pengerasan arteri yang disebabkan oleh timbunan kolesterol jahat yang teroksidasi. Penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah akan membuat peredaran pembuluh darah menyempit dan menjadi tidak lancar sehingga jaringan  tubuh tidak dapat memperoleh oksigen dan nutrisi yang cukup untuk proses metabolisme. Jika hal ini tidak segera diatasi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner yang berbahaya karena bisa memicu serangan jantung secara tiba-tiba. Dalam masalah ini, vitamin C dengan kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah kolesterol agar tidak teroksidasi dan mengendam di pembuluh darah.

Yuk cintai dan jaga kesehatan jantungmu dengan lakukan gaya hidup yang lebih sehat dan rutin konsumsi vitamin C setiap hari. Penuhi kebutuhan vitamin C harianmu dengan mengonsumsi Holisticare EsterC 1-3 tablet setiap hari.