Gerakan Pilates Khusus Untuk Pemula

Gerakan-Pilates-Khusus-Untuk-Pemula

Pilates cukup populer di kalangan wanita terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Olahraga yang dipopulerkan oleh seorang berkebangsaan Jerman ini termasuk gabungan antara latihan kekuatan, kelenturan otot inti, serta pernafasan. Gerakan pilates yang dilakukan sekilas mirip yoga. Namun perbedaannya, Pilates lebih membutuhkan kerja otot yang maksimal.

Apa Saja Gerakan Pilates?

Pilates memiliki gerakan yang cukup variatif. Semakin sering latihan, gerakan yang dilakukan akan meningkat ke tahap yang lebih rumit dan menantang. Berikut ini adalah contoh gerakan yang dilansir dari Everydayme untuk para pemula, lakukan gerakan ini setiap hari untuk perubahan tubuh yang maksimal.

1. Kaki

Tubuh berbaring dan lengan direntangkan di samping tubuh, tarik nafas. Angkat salah satu kaki sampai membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda sambil menghembuskan nafas. Turunkan kaki perlahan-lahan sambil menarik nafas dalam-dalam. Ulangi lima kali untuk setiap kaki dengan jeda istirahat satu menit.

2. Glutes (otot pinggul)

Tubuh berbaring dan lengan di samping tubuh. Tekuk kaki dengan sudut 45 derajat. Tarik nafas. Angkat pinggul Anda sambil menghembuskan nafas. Pada posisi ini, angkat salah satu kaki dan silangkan di atas kaki yang lain. Kembalikan kaki ke posisi awal dan ulangi latihan dengan kaki yang lain. Lakukan dua set terdiri dari 5 pengulangan dengan setiap kaki, istirahat satu menit di antara setiap set.

3. Perut

Tubuh berbaring, tangan di belakang leher dan kaki lurus rapat vertikal, jari kaki mengarah ke atas. Kerutkan pusar ke dalam dan sedikit ke atas. Tetap tempelkan punggung di lantai, jangan sampai ada ruang antara matras dan ruas tulang punggung. Tarik nafas sambil menahan posisi awal. Hembuskan nafas sambil menurunkan kaki ke sudut 45°, sedikit mengangkat kepala dari lantai. Punggung Anda harus tetap rata dengan lantai. Tarik nafas sambil mengembalikan kaki ke posisi awal. Ulangi 8 kali dengan jeda 1 menit.

4. Lengan

Tubuh tertelungkup di atas matras. Rentangkan lengan dan regangkan seluruh tubuh Anda. Tarik nafas. Tarik tangan dan tumpukan beban tubuh Anda pada kedua tangan untuk mengangkat tubuh perlahan-lahan sambil menghembuskan nafas. Jaga kepala tetap lurus sepanjang latihan dan regangkan sampai Anda merasakan tekanan pada otot perut. Ulangi 5 kali dan istirahat.

Hanya dengan melakukan gerakan-gerakan tersebut beberapa menit setiap harinya, Anda akan merasakan perbedaan dalam pernapasan, postur yang lebih baik, serta badan yang terasa lebih ringan. Selamat mencoba!