game online

Pembatasan aktivitas di luar rumah membuat anak-anak sering mengisi waktu dengan bermain game online. Apa saja dampak positif dan negatif dari bermain game online? Simak di artikel ini.

Artikel ini dipersembahkan oleh Holisticare Ester C, suplemen Vitamin C jenis Ester C. Untuk penuhi kebutuhan Vitamin C harian tubuh, konsumsilah Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C adalah Vitamin C yang lebih tidak perih di lambung, dan 24 hours bioavailability (tersedianya kadar vitamin C dalam tubuh selama 24 jam).

Dampak Game Online

Bermain game online tampaknya menjadi jalan keluar terbaik bagi anak-anak untuk menghilangkan kebosanan di masa pandemi ini, dimana kita dianjurkan untuk tidak sering keluar rumah. Game memang dapat membuat kita lupa waktu, tapi apa pengaruhnya bagi tubuh kita?

Setiap hal umumnya memiliki dampak positif maupun negatif, termasuk aktivitas bermain game online. Game online memiliki beberapa pengaruh positif bagi seseorang, yaitu:

  • Meningkatkan keterampilan motorik anak
  • Menyingkat kecepatan reaksi
  • Membantu menaikkan kinerja akademis. Bermain game dapat merangsang peningkatan komunikasi antar bagian otak yang menjadi pusat pembelajaran.

Sama seperti hal yang lainnya, jika dilakukan berlebihan, bermain game online juga dapat membawa dampak negatif seperti buruknya keterampilan bersosialisasi, gangguan perilaku, dan kecanduan. Beberapa tanda seseorang mulai kecanduan game adalah:

  • Menggunakan game untuk meredakan suasana hati dan perasaan yang buruk
  • Berbohong kepada orang yang dekat tentang berapa lama waktu dihabiskan untuk gaming
  • Berpikir tentang bermain game setiap saat
  • Mood menjadi tidak baik ketika tidak bisa bermain game
  • Menghabiskan waktu lebih banyak untuk gaming agar mood membaik
  • Tidak bisa berhenti, atau mengurangi waktu bermain game
  • Mengalami masalah di kantor, sekolah, atau rumah karena kebiasaan bermain game

Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain itu terlalu asyik bermain game membuat tubuh kurang aktif bergerak. Padahal tubuh yang kurang aktif bisa mempengaruhi kinerja daya tahan tubuh.

Menurut sebuah penelitian tahun 2012, terlalu banyak duduk dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Gaya hidup kurang aktif dapat mengganggu kerja daya tahan tubuh, memicu peradangan dan penyakit kronis lainnya. 

Usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit, serta penuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Bantu penuhi kebutuhan Vitamin C anak dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C Kids. Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI untuk mengkonsumsi vitamin C untuk bantu daya tahan tubuh.