Ternyata Donor Darah Itu Menyehatkan

Jangan ragu untuk donor darah, karena juga membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Kegiatan ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Sahabat Holisticare, dimana orang akan memberikan sebagian darah mereka sehingga bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkannya.

Kegiatan menyumbangkan darah ini juga dapat dikatakan sebagai kegiatan simbiosis mutualisme. Hal tersebut karena kegiatan tersebut tidak hanya bermanfaat bagi penerima donor namun juga bermanfaat bagi pendonor. Berikut empat manfaat yang akan didapatkan bagi kamu yang melakukan donor darah.

Jaga Kesehatan Jantung Dengan Donor Darah

Seseorang yang mendonorkan darahnya secara aktif akan mendapatkan jantungnya lebih sehat. American Journal of Epidemiology mengatakan sebuah penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung memiliki risiko 88 persen lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Hal ini dikarenakan tingginya kadar zat besi dalam darah membuat seseorang lebih rentan terhadap  penyakit jantung.

Zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Oksidasi tersebut akan menumpuk di dinding arteri dan ini memperbesar peluang terkena serangan jantung. Rutin mendonorkan darah berarti turut mengeluarkan 225-250 milligram zat besi dalam tubuh. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

Donor Darah Juga Mampu Turunkan Risiko Kanker

Pengurangan zat besi dalam darah turut mengurangi risiko kanker. Selain dapat meningkatkan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, zat besi yang berlebihan dapat memicu radikal bebas.

Sebuah penelitian Journal of National Cancer Institute yang dilakukan selama 4,5 tahun melibatkan 1.200 orang menunjukkan kelompok yang melakukan donor darah memiliki kadar zat besi rendah dan kadar tersebut memperkecil risiko kanker.

Pembaruan Sel Darah Merah Berkat Donor Darah

Setelah mendonorkan darah, tubuh akan meregenerasi darah merah. Dalam kurun waktu 48 jam, sel-sel darah merah baru akan terbentuk dari sumsum tulang belakang untuk menggantikan darah yang telah didonor. Hal ini sangat baik untuk selalu merangsang produksi sel-sel darah baru Dengan begitu, tubuh akan terlihat jauh lebih segar, sehat dan produktif melakukan berbagai aktivitas.

Sumbang Darah = Bakar Kalori

Setiap kali melakukan donor darah, kamu akan membakar 650 kalori dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat membantu turunkan berat badan. Bila berat tubuh ideal, kulit pun akan terlihat kencang seketika. Namun, jangan jadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan ya, Sahabat Holisticare.

Inilah Syarat Mendonorkan Darah

Beberapa syarat untuk Sahabat Holisticare untuk bisa mendonorkan darahnya adalah:

  • Berusia 17 hingga 60 tahun.
  • Punya kondisi kesehatan jasmani dan rohani yang bagus.
  • Memiliki berat badan minimum 45 kilogram.
  • Mempunyai tekanan darah sistolik 100 – 150 mmHg.
  • Mempunyai tekanan darah diastolik 70 – 100 mmHg.
  • Kadar Haemoglobin (Hb) wanita minimal 12 gram/dL, pria minimal 13 gram/dL.

Darah hasil dari donor tersebut sangat diperlukan bagi orang yang kehilangan darah akibat kecelakaan atau penyakit seperti kanker, anemia, atau hemofilia. Jadi, jangan ragu untuk menolong orang lain dengan menyumbangkan sebagian kecil darah kita. Holisticare EsterC “Vitamin C yang Care”.