Tidak Cepat Sakit Di Musim Hujan Untuk Biker

Musim hujan datang, banyak orang cepat sakit, apalagi biker. Kenapa bisa begitu? Kenapa musim hujan dapat menimbulkan banyak bibit penyakit? Lalu kenapa daya tahan tubuh tidak bisa melindungi kita. Lalu bagaimana mencegahnya?

Kenapa Kita Cepat Sakit Di Musim Hujan

Secara umum, berikut ini adalah empat faktor yang membuat tubuh kita lebih mudah sakit saat musim hujan:

1. Virus influenza lebih kuat bertahan di udara dingin.

Hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan di Plos Pathogens, menyatakan bahwa virus influenza bisa lebih lama bertahan pada keadaan hujan,udara dingin, dan lembab. Itu sebabnya jumlah virus influenza di musim hujan akan lebih banyak, dan dapat menyerang tubuh.

2. Kurangnya sinar matahari.

Berkembangnya virus akibat udara dingin, semakin diperparah dengan berkurangnya sinar matahari saat musim hujan. Sebab sinar ultraviolet dari matahari bisa membasmi virus-virus yang masih hidup di udara dan tubuh manusia.

3. Perubahan temperatur udara yang drastis.

Cuaca dan suhu panas di siang hari, namun mendadak menjadi dingin dan hujan lebat. Kondisi ini menyebabkan sistem daya tahan tubuh bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan perubahan temperatur, sehingga daya tahan tubuh bisa melemah.

Tips Simpel Buat Biker Agar Tidak Cepat Sakit Di Musim Hujan

Bagaimana cara-cara agar para biker tidak cepat sakit ketika musim hujan? Ada beberapa tips, pertama adalah sediakan selalu perlengkapan anti hujan. Sebab cuaca sangat mudah berubah ketika musim hujan, dari siang hari panas dengan sinar matahari bisa berubah menjadi hujan lebat beserta petir 1 jam kemudian.

Tips kedua adalah hindari bertukar helm dengan orang lain. Sebab ketika dikenakan, bagian dalam helm menjadi panas, pengap dan lembab. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa penyakit dapat menular melalui pertukaran helm atau tutup kepala. Khususnya penyakit gatal-gatal, jamur, ketombe, hingga berbagai jenis penyakit kulit lainnya.

Tips ketiga adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat, dengan berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh melalui makanan dan minuman. Sebaiknya hindari makanan mentah jika tidak yakin akan kebersihannya. Usahakan untuk selalu mencuci sayuran dan buah sebelum dimasak.

Cara keempat untuk hindari sakit akibat hujan adalah, membersihkan dan mengeringkan tubuh sesegera mungkin jika basah terguyur hujan. Sebab daya tahan menurun jika suhu tubuh tiba-tiba menurun drastis.

Cara selanjutnya adalah rutin mencuci tangan dengan sabun, apalagi setelah berkendara tanpa sarung tangan. Sebab tangan mudah sekali terkontaminasi bibit penyakit.

Anda juga bisa bantu memperkuat daya tahan tubuh dengan rutin mengkonsumsi suplemen Vitamin C. Pilihlah suplemen Vitamin C berjenis Ester C, dengan tingkat keasaman mendekati netral, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Pada umumnya, harga Vitamin C jenis Ester C memang lebih tinggi daripada jenis lainnya. Tapi ada brand Ester C dengan harga terjangkau, yaitu Holisticare Ester C yang harganya tidak berbeda jauh dari Vitamin C lainnya.