Benarkah Vitamin C Bisa Untuk Terapi Kanker?

kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal). Penyebab kanker selain faktor keturunan juga bisa disebabkan oleh gaya hidup dan faktor lingkungan.

Dilansir media lokal HealthKompas, para peneliti mengatakan pemberian vitamin C melalui injeksi yang aman akan efektif dan merupakan perawatan dengan biaya rendah bagi kanker ovarium dan beberapa jenis kanker lainnya.

Vitamin C diketahui sejak lama telah digunakan sebagai terapi alternatif bagi kanker. Tahun 1970an, ahli kimia Linus Pauling melaporkan bahwa vitamin C yang diberikan melalui pembuluh darah terbukti efektif dalam perawatan kanker. Peneliti dari Universitas Kansas mengatakan bahwa pemberian vitamin C melalui injeksi dapat langsung terserap oleh tubuh dan dapat membunuh sel kanker tanpa membahayakan sel yang normal.

Perawatan dilakukan bersamaan dengan obat-obatan kemoterapi yang standar untuk menurunkan pertumbuhan tumor dalam penelitian terhadap tikus. Sementara itu, sebuah kelompok pasien dilaporkan sedikit merasakan efek samping ketika diberikan vitamin C bersama dengan kemoterapi.

Related Articles