Bahaya Kurang Gerak Terhadap Daya Tahan Tubuh

Gaya hidup tidak aktif, atau kurang gerak, sering dikaitkan sebagai faktor pemicu melemahnya daya tahan tubuh dan beberapa penyakit kronis. Tapi kita bisa bantu jaga daya tahan tubuh dengan konsumsi rutin Vitamin C.

Kurang Gerak Dan Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Kurang gerak, atau biasa dikenal dengan sedentary life, merupakan gaya hidup yang penuh dengan aktivitas duduk, bersandar, atau merebahkan tubuh yang hanya membakar sedikit energi seseorang. Apa sih yang menyebabkan daya tahan tubuh kita bisa melemah jika kita kurang gerak?

Ketika kita duduk lebih lama daripada kita bergerak aktif dalam satu hari, maka secara tidak sadar kita memprogram sistem saraf pusat dan otak untuk memperlambat kinerjanya. Tubuh kita, yang dikontrol oleh sistem saraf pusat, tidak bisa bekerja secara efisien ketika kerja sistem saraf melambat.

Banyak sistem tubuh yang menderita akibat melambatnya sistem saraf pusat dan otak, beberapa diantaranya adalah sistem kardiovaskular, sistem hormon, dan sistem kekebalan tubuh alias daya tahan tubuh. 

Vitamin C Untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar berfungsi normal. Fungsi pertama Vitamin C adalah mendorong kinerja sel natural killer (NK), yang merupakan merupakan salah satu bagian alami sistem daya tahan tubuh. Vitamin C akan mengaktifkan sel-sel NK sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki pelindung ekstra dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja sel-sel NK ialah dengan mengkonsumsi Vitamin C secara rutin.

Fungsi kedua Vitamin C adalah mendukung fungsi neutrofil, yang merupakan sejenis sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi penyakit dan menghancurkan bakteri. Salah satu cara untuk mendukung neutrofil bekerja dengan baik adalah rutin mengkonsumsi Vitamin C, yang membantu neutrofil dalam membunuh dan menangkal serangan dari virus serta bakteri buruk dalam tubuh.

Mempertahankan jumlah limfosit menjadi fungsi ketiga Vitamin C membantu daya tahan tubuh. Jika jumlah limfosit menurun, maka tubuh akan melemah dalam melawan infeksi. Agar jumlah limfosit tidak menurun, kita butuh asupan Vitamin C yang cukup. Sebab Vitamin C akan bantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri penyakit

Selain ketiga fungsi diatas, Vitamin C juga mampu meningkatkan kerja immunoglobulin. Ketika seseorang sakit, tubuh akan menghasilkan immunoglobulin untuk melawan penyakit tersebut. Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kerja immunoglobulin ialah dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C tubuh.

Pilihlah jenis Vitamin C Ester C yang memiliki kadar keasaman mendekati netral, seperti Holisticare Ester C, sehingga lebih tidak perih di lambung dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322910.php

https://nestednaturals.com/blog/sitting-destroying-health/