5-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Mengatasi-Nyeri-Otot

Nyeri otot bisa terjadi karena berbagai hal, tapi paling sering terjadi karena gerakan yang salah saat olahraga dan akibat melakukan terlalu banyak aktivitas yang melelahkan. Nyeri seperti ini bisa diatasi dengan pijat, dan juga mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan potasium, magnesium, omega-3, serta protein, seperti susu, sayur, dan buah seperti kentang, pisang, cherry, dan blueberry.

Berikut Makanan Dan Minuman Untuk Redakan Nyeri Otot

Tapi, ternyata masih banyak lagi variasi makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri tersebut, yaitu:

  • Buah Beri. Buah-buahan Beri mengandung senyawa bernama antosianin yang dapat mengurangi in flamasi pada otot.
  • Nanas. Buah segar ini mengandung enzim Bromelain yang membantu mencerna protein, mengurangi peradangan serta sakit pada sendi. Enzim Bromelain ini juga membantu menyembuhkan luka dan nyeri yang biasanya dirasakan pada otot.
  • Apel. Banyak peneliti percaya bahwa salah satu zat di dalam apel yang bernama quercetin dapat bantu meredakan nyeri persendian dan memar.
  • Jahe. Tahukah kamu? Ternyata jahe sering kali digunakan sebagai obat pereda sakit di berbagai negara lain. Jahe telah lama dikenal sebagai pereda pembengkakan dan peradangan pada sandi-seandi maupun otot, sebab jahe mengandung komponen Gingerol yang berperan sebagai anti–inflamasi. Jadi, tak heran bila tempat-tempat pijat sering menawarkan air jahe hangat saat selesai pijatan.
  • Coklat Hangat. Tahukah kamu? Coklat dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi rileks. Sehingga jika kamu merasa lelah, minumlah coklat hangat yang bisa melemaskan ketegangan ototmu.
  • Madu Manuka, berasal dari New Zealand dan dibuat dari madu hasil lebah yang mengonsumsi sari bunga Manuka. Madu istimewa ini mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi dan membangun kembali serat jaringan otot. Jenis madu ini juga mengandung unsur-unsur anti-inflamasi yang sangat baik untuk otot terutama otot yang tegang.
  • Kacang dan Biji-Bijian. Kacang-kacangan adalah sumber asam lemak omega-3, protein, potasium, kalium, dan magnesium yang baik. Segenggam kacang brasil, almond, kenari dan kacang-kacangan lainnya ialah cemilan yang ideal saat sedang berolahraga. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat ditambah dengan variasi biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu.