Sahabat Holisticare, apakah kamu termasuk orang yang suka mengabaikan sarapan? Beberapa dari kita memang seringkali mengabaikan sarapan dengan berbagai alasan seperti malas, repot menyiapkan sarapan, atau tidak sempat karena sudah terlambat untuk pergi ke sekolah atau kantor. Namun tahukah kamu? Ternyata sarapan sangat penting dalam memberikan nutrisi untuk tubuh setelah tidur malam selama 8-10 jam. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, sarapan memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Yuk baca penjelasan lengkapnya.

Memberi Asupan Energi

Sarapan berperan penting dalam penyimpanan gizi ke dalam tubuh dan otak, sehingga tubuh dapat melakukan aktivitas secara maksimal sepanjang hari. Dengan sarapan, tubuh akan tetap fit dan tidak akan mudah terserang berbagai penyakit karena kurangnya asupan gizi. Selain itu, sarapan akan menyimpan glikogen baru untuk membentuk energi sekitar 25%. Namun, jika kamu sedang terburu-buru, sereal yang tinggi serat dengan susu rendah lemak juga dapat memberikan energi yang kamu butuhkan hingga waktu makan siang tiba.

Meningkatkan Kinerja Otak

Salah satu manfaat dari sarapan yang juga penting yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak dan meningkatkan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi. Menurut suatu penelitian, siswa yang sarapan rata-rata diduga memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan mengingat. Ketika bangun di pagi hari, energi telah habis digunakan untuk beraktivitas di hari kemarin. Dengan sarapan, otak akan mendapat energi yang cukup dan sarapan juga membantu otak untuk berpikir lebih cepat dan lebih baik.

Menurunkan Berat Badan

Ketika tidak ada makanan dalam tubuh, kalori akan dibakar secara perlahan untuk menghemat energi. Namun, dengan sarapan di pagi hari, tubuh akan memproses metabolisme yang berarti melakukan pembakaran kalori menjadi lebih efisien sepanjang hari. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana karena bisa membuat gula darah naik dan turun secara cepat yang bisa membuat kamu merasa lapar sebelum waktu makan siang dan munculnya keinginan untuk mengemil.

Melindungi Tubuh Dari Penyakit

Menurut sebuah studi, wanita yang tidak sarapan selama dua minggu akan mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL), dibanding dengan wanita yang mengonsumsi semangkuk sereal yang kaya serat dan susu. Makanan kaya serat dapat mengikat kolesterol dan lebih cepat dibuang keluar tubuh sebelum mencapai arteri. Tak hanya itu, asupan serat yang tinggi juga diduga dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50% dan membantu proses pembuangan estrogen berlebih. Di mana, kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Itulah keempat manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sarapan di pagi hari. Jadi, mulailah kebiasaan sarapan setiap pagi agar aktivitasmu lancar sepanjang hari. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi Holisticare EsterC setelah sarapan. Vitamin C di dalam Holisticare EsterC mampu menjaga daya tahan tubuhmu bekerja maksimal dan mampu melindungi tubuhmu dari berbagai penyakit. Holisticare EsterC adalah vitamin C yang aman di lambung sehingga bisa dikonsumsi kapan saja, baik sesudah maupun sebelum sarapan atau makan.