Pernah mengalami asam lambung naik hingga aktivitas terganggu? Jangan sampai terulang lagi! Yuk, waspadai penyebabnya dan kenali pencegahannya agar penyakit ini tidak mengganggu hari-harimu.

Kenali Makanan Pemicu

Ada banyak makanan yang bisa memicu masalah pencernaan, seperti makanan pedas dan makanan asam. Namun, makan makanan berlemak dalam jumlah besar merupakan faktor utama yang menyebabkan naiknya asam lambung. Ini disebabkan karena lemak bisa melembutkan otot yang menjaga bagian bawah kerongkongan sehingga asam lambung bisa naik dengan mudah.

Waspadai Jenis Minuman Ini

Minuman berkarbonasi, jus buah, alkohol, dan bahkan kopi favoritmu, jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk itu, cobalah untuk membatasi minuman tersebut dan perbanyak minum air putih agar asam dalam tubuh kembali seimbang. Memperbanyak minum air putih ketika makan juga akan membantu asam lambung di kerongkongan kembali ke perut.

Turunkan Berat Badan

Peningkatan berat badan berkaitan dengan peningkatan asam lambung. Cobalah untuk sebisa mungkin mengurangi konsumsi makanan berlemak dan mulailah menurunkan berat badan melalui diet sehat dan olahraga.

Atur Pola Tidur

Banyak orang yang asam lambungnya naik setelah makan dan langsung tidur. Untuk itu, beri jeda beberapa jam antara aktivitas makan dan tidur. Usahakan pula untuk memiliki jam tidur yang cukup agar pencernaan tetap sehat.

Pilih Vitamin C yang Tepat

Asam lambung naik juga sering disebabkan karena asam yang berasal dari konsumsi vitamin C. Oleh karena itu, agar tubuh tetap mendapatkan asupan vitamin C yang cukup tanpa mengalami risiko penyakit asam lambung naik, kamu bisa mengonsumi suplemen vitamin C yang memiliki tingkat keasaman rendah dan aman bagi lambung, seperti Holisticare EsterC.