Penyebab-Flu-Karena-Udara-Dingin

Merasa kedinginan lalu sakit flu. Sahabat Holisticare sering mengalami hal tersebut di kantor? Apakah salah satu penyebab flu itu karena udara dingin? Sebagai Vitamin C yang peduli dengan kesehatan Anda, Holisticare Ester C menceritakan hubungan antara udara dingin dengan serangan flu dalam artikel ini.

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kita harus penuhi kebutuhan semua nutrisi tubuh. Salah satunya adalah Vitamin C. Penuhi kebutuhan Vitamin C tubuh dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin C jenis Ester C, seperti Holisticare Ester C.

Sebab Holisticare Ester C memiliki tingkat keasaman yang mendekati netral, sehingga lebih tidak perih di lambung. Sedangkan kandungan Holisticare Ester C lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Betulkah Penyebab Flu Karena Udara Dingin?

Penyakit flu sendiri muncul akibat infeksi virus pada hidung dan tenggorokan. Penyebab flu mudah menyebar adalah udara dingin yang kering membuat virus tidak mati. Kenapa? Karena ketika suhu udara semakin dingin, lapisan virus flu akan semakin kuat dan virus lebih aktif serta lebih tahan terhadap kondisi sekelilingnya.

Selain itu, udara dingin juga menurunkan kemampuan lendir dan rambut hidung untuk menghalau virus penyakit keluar. Penelitian yang dilakukan Universitas Yale juga menyatakan bahwa turunnya suhu lingkungan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh pada hidung.

Namun ada pula yang beranggapan bahwa penyebab flu pada seseorang bukan karena udara dingin dan kering. Diduga, kebiasaan di dalam ruangan tertutup bersama banyak orang saat udara dingin justru membuat penularan virus flu lebih mudah.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Ada tidaknya hubungan antara flu dan udara dingin, kita tetap harus menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari flu. Bagaimana caranya menjaga daya tahan tubuh? Memastikan kebutuhan Vitamin C tubuh selalu terpenuhi. Ada beberapa manfaat Vitamin C bagi daya tahan tubuh, yaitu:

  • Membantu tugas neutrofit, yaitu melawan infeksi agen penyakit yang masuk ke dalam tubuh.
  • Meningkatkan kinerja limfosit, dalam bekerja melacak virus dan bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh.
  • Membentuk antibodi, untuk melawan zat asing di dalam tubuh.
  • Meningkatkan sel Natural Killer, yang berfungsi mencari dan membunuh sel kanker atau sel lain yang bisa membahayakan tubuh.

Gejala Flu

Umumnya gejala flu hampir mirip seperti gejala pilek yaitu, hidung berlendir, bersin-bersin, dan nyeri pada tenggorokan. Namun bedanya, pada penderita pilek gejala tersebut berkembang dengan lambat. Sedangkan pada penderita flu cenderung berkembang lebih cepat. Beberapa gejala umum flu yang biasa dirasakan penderitanya adalah:

  • Demam dengan suhu tubuh diatas 38 derajat Celcius
  • Batuk kering yang sering
  • Nyeri pada tenggorokan
  • Kelelahan dan tubuh lemas
  • Menggigil dan berkeringat
  • Gangguan pernafasan
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada otot-otot

Orang dapat terinfeksi virus flu sehari atau beberapa hari sebelum ia merasakan gejala flu pertama kali. Ketika tubuh Anda terinfeksi virus influenza, maka tubuh akan membuat antibodi. Namun karena virus influenza terus berubah-ubah secara konstan, maka tubuh dapat terinfeksi virus influenza strain baru yang bisa sangat berbeda dari virus influenza lama.

Menghindari Penyebab Flu

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, mendapatkan vaksin flu dapat menurunkan resiko tubuh terinfeksi virus influenza. Namun vaksinasi flu tidak menjamin kita terbebas dari penyakit flu 100 persen. Ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus flu, yaitu:

1. Hindari kerumunan orang

Sebab virus flu sangat mudah menular ketika banyak orang berkumpul di satu tempat, seperti di dalam gerbong kereta AC penuh sesak, bus kota AC, gedung perkantoran, ruang sekolah dan perkuliahan AC. Dengan menghindari kerumunan orang saat musim flu, Anda sudah menurunkan resiko tertular virus flu. 

2. Mencuci tangan secara rutin

Mencuci tangan dengan bersih dan rutin merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah banyak sekali infeksi penyakit. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol, jika sabun dan air tidak tersedia.

3. Menutup mulut dan hidung

Tutuplah mulut dan hidung ketika Anda sedang bersin atau batuk, agar tetesan cairan tubuh mengandung virus flu tidak menyebar lewat udara. Agar tangan tidak terkontaminasi virus flu, tutuplah mulut dan hidung ketika batuk dan bersin dengan tisu atau dengan bagian dalam siku tangan Anda.

Pilihlah suplemen Vitamin C yang benar-benar care pada kesehatan tubuhmu, seperti Holisticare Ester C. Sebab Holisticare Ester C memiliki kandungan yang setara dengan 250 miligram Vitamin C, yang merupakan dosis optimal untuk penyerapan, dan lebih tidak perih di lambung, berkat tingkat keasaman yang hampir setara air.

Informasi ini disampaikan Holisticare Ester C sebagai vitamin C yang bersertifikat halal pertama yang peduli pada kesehatan Anda secara menyeluruh.

Holisticare EsterC “Vitamin C yang Care”